Berita

Penghulu Se-Jakarta Ngaji Kitab Bersama Sekjen MUI

Kamis, 15 Februari 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)


Jakarta (Inmas) --- Mengaji kitab kuning menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh penghulu di DKI Jakarta. Kegiatan yang digagas sejak bulan Januari 2018 ini dilaksanakan setiap minggu pertama tiap bulannya.


“Kali ini narasumber untuk membahas Kitab Kifayatul Akhyar, adalah KH. Zulfa Mustofa, Sekjen MUI DKI Jakarta,” jelas Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Purwanto, Selasa (06/02).


Kegiatan kajian kitab kuning bagi penghulu menurut Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab, disamping silaturahmi, kegiatan pengajian kitab ini  merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas  penghulu. “Saya yakin se – DKI Jakarta, jika tidak ada acara seperti ini belum tentu temu enam bulan sekali. Dan yang terpenting mendapat ilmu keagamaan. Kajian-kajian ini penting, dan saya mewajibkan,” ujar Saiful Mujab saat membuka kegiatan kajian di Aula Jayakarta, Kanwil Kemenag DKI Jakarta.


Senada dengan Kakanwil, KH Zulfa Mustofa yang hadir menjadi narasumber pun mengaku mempersiapkan materinya secara khusus, karena akan diberikan oleh penghulu-penghulu se-DKI Jakarta.  “Karena hari ini yang hadir adalah penghulu-penghulu, maka saya mempersiapkan materi hari ini secara khusus. Saya mau tidak mau harus beda persiapannya,” ujar KH Zulfa.

 

Dalam pengajian kitab  yang dilaksanakan kali ini, para penghulu yang hadir tak hanya disuguhi kajian tentang fikih nikah saja.  Isu-isu kekinian seperti LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) juga menjadi bahan diskusi hangat para penghulu dengan Sekjen MUI. /s.regar/ilm

  • Tags:  

Terkait