Berita

Penanaman Karakter Cinta Lingkungan Melalui Pelatihan Hidroponik

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 2 Jakarta) --- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jakarta menyelenggarakan pelatihan hidroponik terhadap 40 peserta didik kelas X dan XI. Adapun jenis tanaman sayur yang ditanam, adalah kangkung, bayam dan bokcoy.

“Baru kali ini saya mengetahui jika menanam dengan hidroponik ternyata menyenangkan, tidak perlu tempat luas dan mudah dipraktikkan,” ujar Rizki Juliantoro, salah satu peserta pelatihan.

Selain itu, Kepala MAN 2 Jakarta, Wido Prayoga menegaskan bahwa kegiatan ini untuk menciptakan madrasah yang asri, hijau, sehingga semuanya merasakan nyaman belajar di madrasah.

“Kami terus berinovasi untuk mewujudkan MAN 2 Jakarta sebagai madrasah riset, tapi juga sebagai madrasah Adiwiyata di DKI,” tegas Wido di sela mendampingi siswa mengikuti pelatihan siang itu.

Wido menambahkan, penanaman karakter cinta lingkungan melalui praktik hidroponik sangat relavan diterapkan dilingkungan madrasah. “Selain mencintai lingkungan, budidaya hidroponik mendidik siswa untuk berjiwa wirausaha dan mandiri.

Kamad juga menjelaskan bahwa MAN 2 Jakarta berhasil meraih Madrasah Adiwiyata tingkat Kota Jakarta Timur. “Madrasah ini salah satu madrasah yang mempunyai predikat Sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta,” jelasnya. /Yuyum D

Terkait