Berita

Pembinaan Majelis Taklim Se Kecamatan Kemayoran

Rabu, 28 Februari 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Pengurus FKMT melakukan pembinaan pada para Pimpinan Majelis Taklim se Kecamatan Kemayoran, Selasa (27/02). H. Abdullah Mas’ud selaku Ketua FKPAI Kecamatan Kemayoran memberi tausiyah mengenai keutamaan majelis taklim.

 

“... Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang guna memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan pada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya dirinya dan mereka kaum dapat menjaga dirinya,” kutip H. Abdullah Mas’ud dari Qs At Taubah ayat 122.

 

Maksud dari ayat itu adalah harus ada sebagian dari kita yang berangkat mencari ilmu. Mencari ilmu itu nilainya sama dengan jihad untuk berperang maka barangsiapa yang meninggal saat mencari ilmu maka Allah SWT menjadikan dirinya syahid.

 

Selain itu, diperintahkan pula selepas mencari ilmu agar kembali ke kampung halaman guna menyebarkan ilmu yang sudah diperolehnya kepada keluarga dan sanak famili. Hal ini juga selaras dengan Qs At Tahrim ayat 6 yang bermakna, “hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka ...”.

 

Allah itu Maha Pengasih kepada para hamba-Nya. Jika Dia memberikan perintah, pasti itu merupakan kebaikan dan bermanfaat. Sebaliknya jika Dia memberikan larangan, itu merupakan keburukan dan berbahaya. “Maka sudah sepantasnya kita memperhatikan perintah dan menjauhi larangannya,” jelas Penyuluh Agama Islam itu.

 

 

Sabda Rasululloh dalam HR At Tirmidzi, “siapa saja yang keluar rumah untuk menuntut ilmu maka saat itu ia sedang berjihad di jalan Allah hingga ia kembali,” tandasnya.  /j15

  • Tags:  

Terkait