Berita

Pahami Visi Misi Menjadi Guru Agama Dalam Mengawal Anak Didik

Rabu, 27 Februari 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Bogor (Inmas) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab mengatakan bahwa pendidikan agama sebagai sumber kehidupan umat manusia dan agama sebagai ruh hidup kita sebagai manusia.

Hal ini disampaikan saat menjadi narasumber pada Program pengembangan keprofesian Berkelanjutan Guru PAI di lingkungan KanKemenag Kepulauan Seribu. (27/02)

“ Dan sesuai dengan UU Pendidikan Nasional bahwa tujuan pendidikan adalah merubah perilaku. Dari yang tidak baik menjadi baik, memberikan kecerdasan kepada anak bangsa. Dan yang paling akhir adalah bagaimana anak didik berakhlakul kharimah,” ujarnya dihadapan 50 peserta.

Kakanwil juga mengingatkan bahwa pendidikan agama islam merupakan sumber perubahan masa, sumber perubahan prilaku, dan sumber dari semuanya.

“ Bagaimana tenaga pendidik membentuk seorang anak yang berakhlakul karimah,” terangnya.

Mengenai perumusan soal, Kakanwil memberikan masukan agar soal yang akan diberikan berbentuk aplikatif, bukan teori. Seperti siswa ke sekolah apakah berjabat tangan dengan orang tua?

“Jadi mendorong perilaku seorang siswa,” jelasnya.

 Di akhir sambutannya, Saiful mengajak seluruh peserta untuk memahami visi misi sebagai guru agama, agar dapat mengawal generasi anak didik untuk tidak gagal paham.

“ Oleh karena itu, sekali lagi bukan merubah kecerdasan tapi merubah dengan pendekatan keagamaan,” imbuhnya. /s.regar

Terkait