Berita

MTs Jakarta Pusat Juara 1 Kategori The Best Technology Kompetesi Robotic 2018

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Kepala MTs Jakarta Pusat, Ade Tajudin patut berbangga sebab anak didiknya berhasil meraih Juara 1 Kompetisi Robotic 2018, Minggu (04/11). Ajang yang ke-4 kalinya diselenggarakan oleh Direktorat KKSK Kementerian Agama ini bertempat di Depok Town Square, Jawa Barat pada 3-4 November 2018.

 

Siswa MTs Jakarta Pusat berhasil meraih The Best Technology Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana. Pada kategori ini, siswa diminta untuk menciptakan sebuah robot (rancang bangun mesin otomatis) yang berguna untuk mengatasi, mengantisipasi, melindungi, mengawasi bencana alam, menyelamatkan satwa, jiwa, dan bangunan.

 

Acara yang dibuka oleh Dirjen Pendis, Kamaruddin Amin ini diperuntukkan bagi siswa MI, MTs, dan MA. Untuk MI hanya kategori Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana sementara untuk MTs dan MA ditambah dengan kategori Rescue Mobile Robot.

 

Beliau berpesan agar pendidikan di madrasah mampu menjawab tantangan revolusi generasi ke-4 yang berciri khas penggunaan AI (artificial intelligent) atau kecerdasan buatan. “Kita berkomitmen membuat madrasah menjadi bagian dan berperan dalam revolusi industri generasi ke-4,” jelasnya seperti dikutip dari laman Kemenag RI.   

 

Dalam kategori Rescue Mobile Robot, siswa diminta menciptakan robot penyelamat otomatis yang berguna mengatasi, mendeteksi, antisipasi, melindungi, mengawasi bencana alam, menyelamatkan satwa, jiwa, dan bangunan. Tugasnya membuat sebuah robot yang dapat mendeteksi rumah yang terbakar (rumah warna merah) kemudian memadamkannya dengan kipas. Sementara disekelilingnya terdapat rumah yang rusak (rumah warna biru) dan rumah yang terdapat korban (rumah warna kuning).

 

Juara kategori Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana terdiri atas The Best Original Idea, The Best and Simple Construction, The Best Technology, The Best Apllied Robot, dan The Best Presentation. Sementara untuk kategori Rescue Mobile Robot terdiri atas The Best Logaritma, The Best Point, The Best Construction and Mechanical Robot, The Best Passing Challenge, dan The Best Design.

Terkait