Berita

Mewujudkan Insan Qur’ani di Kecamatan Menteng Melalui Penyelenggaraan STQ

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Kepala KUA Menteng, H. Mas’ud menghadiri pembukaan kegiatan STQ di Masjid As-Syukur, Rabu (31/10). Kegiatan yang diikuti 75 peserta dari kelurahan Menteng, Pegangsaan, Cikini, Kebon Sirih, dan Gondangdia ini dibuka oleh Askesmas Jakarta Pusat, M. Fahmi.

 

“Saya optimis salah satu peserta STQ dari Jakarta Pusat akan menjadi juara di tingkat nasional,” ujar Fahmi. Beliau menambahkan nantinya para juara di tingkat kecamatan akan dibina secara intensif agar mampu berlaga di tingkat provinsi dan nasional.

 

Masjid As-Syukur merupakan salah satu masjid klasik di Menteng dengan ornamen nan sederhana serta menyisakan sedikit lahan sebagai taman. Masjid yang beralamat di jl. Tambak Matraman ini mulai digunakan oleh masyarakat tahun 1960 sebagai tempat berbagai kegiatan, salah satunya adalah STQ yang rutin diselenggarakan setiap tahun.

 

Kegiatan bertajuk ‘Dengan STQ Mari Kita Wujudkan Insan Qur’ani’ ini merupakan ajang seleksi bagi tilawah dan tahfidz Al Qur’an di Kecamatan Menteng. Menteng merupakan kecamatan yang banyak dihuni oleh pejabat tinggi negara dan kedubes negara sahabat dengan julukan ‘kota taman’.

 

Sebagai kota taman, kawasan ini banyak dijumpai taman-taman terbuka. Yang terbesar seperti Taman Suropati di antara jalan Imam Bonjol dan jalan Dipenogoro. Lalu Taman Lawang di jalan Sumenep, Taman Cut Meutia di jalan Cut Meutia, Situ Lembang di jalan Lembang serta Taman Menteng yang merupakan bekas Stadion Menteng.

 

  /j15

 

 

Kafilah STQ dari Kelurahan Menteng

Terkait