Berita

Menag Gus Yaqut Gelar Haul Ke-17 KH.Muhammad Cholil Bisri

Sabtu, 20 Februari 2021
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) -- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama keluarga besar Pesantren Raudhatut Thalibin Leteh Rembang memperingati Haul ke17 ayahanda, Al magfurullah KH.Muhammad Cholil Bisri.

Peringatan wafatnya Mbah Cholil digelar secara virtual dari kediaman rumah dinas Menteri Agama, Komplek Widya Chanda, Jakarta Selatan serta diikuti ratusan kerabat dan handai taulan dari berbagai daerah.

Haul ke17 KH.Muhammad Cholil Bisri diawali dengan pembacaan Maulid Diba'i dilanjutkan dengan tahlil yang dipimpin Direktur PD Potren Ditjen Pendis Kemenag RI Waryono dan doa dlangitkan Sekjen Kemenag Nizar.

Adung Abdul Rochman, Staf Khusus Menteri Agama mewakili keluarga sekaligus sahabat Menag Gus Yaqut menuturkan Haul ke17 KH.Muhammad Cholil Bisri malam ini adalah untuk melangitkan dan mengirimkan doa serta shalawat yang pahalanya dihadiakan kepada KH M Cholil Bisri.

"Telada dan jasa beliau sangat besar dalam perkembangan Islam di nusantara. Beliau dikenal ulama alim yang selalu membimbing umat Islam dan beliau juga dikenal sebagai negarawan dan ayah bagi para satri. Begitu bnyak teladan yang diwariskan beliau," kata Adung Abdul Rochman., Sabtu (21/02) malam.

"Saya merasa terhormat karena diminta Gus Menteri mewakili atas nama keluarga menghaturkan terima kasih kepada semua yang telah mengikuti haul pada malam ini baik yang hadir secara fisik maupun virtual. Semoga Allah senantiasa memberkahi jalan hidup kita dan meridhoi setiap langkah-langhkah kita," sambungnya.

KH.Mohammad Cholil Bisri yang akrab dipanggil Mbah Cholil lahir di Rembang, Jawa Tengah pada 12 Agustus 1942 atau bertepatan dengan 27 Rajab 1263H dan meniggal pada 7 Rajab 1424 H bertepatan dengan 24 Agustus 2004.

Mbah Cholil merupakan putra pertama dari pasangan KH. Bisri Mustofa bin H. Zaenal Mustofa dan Nyai Hj. Ma’rufah binti KH. Cholil Harun Kasingan Rembang.

  • Tags:  

Terkait