Berita

Memasuki Tahun Pelajaran baru, MATSAMA dilaksanakan dengan Platform Google Meet dan Google Classroom

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 9) --- Sebanyak  209 peserta didik baru MAN 9 Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021 mengikuti kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS) dilingkungan madrasah atau lebih dikenal dengan nama Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah).

Kegiatan ini dilaksanakan mulai 13 – 15 Juli 2020 menggunakan platform Google Meet untuk tatap muka, dan Google Classroom untuk paparan beberapa materi dan penugasan.

Menurut Kepala Madrasah, bahwa Matsama sangat penting dilaksanakan karena peserta didik masuk dalam lingkungan yang baru, maka banyak hal yang belum diketahui tentang lingkungan barunya dan sekolah juga belum mengenal peserta didik yang menjadi siswa di sekolahnya.

“Jadi walaupun kondisi pandemik, kegiatan ini tetap dilaksanakan, dengan bentuk yang berbeda,” ujar Yessy Anwar.

Melalui online, Yessy mengajak peserta didik baru untuk mewujudkan tag line  MAN 9 Jakarta yaitu, Prestasi, harga diri; mengukir prestasi, jati diri.

“Buatlah visi pribadi kalian dalam rangka mengarahkan untuk masuk perguruan tinggi negeri setelah menyelesaikan pendidikan di MAN 9,” imbuhnya.

Sedangkan Dwi Wahyudi mengungkapkan bahwa MATSAMA akan diisi dengan berbagai kegiatan antara lain, Wawasan Wiyata Mandala yang disampaikan oleh Kepala MAN 9, paparan bidang akademik dan kesiswaan, karakter moderasi beragama dan kebangsaan, profil MAN 9 dan alumninya, juga materi tentang ekstrakurikuler.

“Vicon dengan Google Meet kami gunakan untuk acara pembukaan dan penutupan, paparan materi Kepala Madrasah dan OSIS. Untuk acara pembukaan dan paparan OSIS, kami juga melakukan live streaming di youtube MAN 9, sehingga orangtua dapat menyaksikan,” kata Dwi.

“Vicon per kelas juga digunakan saat perkenalan dengan masing-masing wali kelas,” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan menyampaikan, bahwa para wali kelas beserta pengurus OSIS saling berkoordinasi sehingga kegiatan MATSAMA MAN 9 Jakarta dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Alhamdulilah seluruh peserta didik baru MAN 9 Jakarta sangat antusias mengikuti kegiatan Matsama,” ungkap Rusmanto. /dz

Terkait