Berita

MAN 5 Jakarta Berpartisipasi Dalam Festival Batik dan Budaya Betawi Kampung Wisata Marunda

Selasa, 8 Oktober 2024
blog

Kirab Budaya Betawi

Jakarta (Humas MAN 5 Jakarta Utara) --- Dalam rangka Hari Batik Nasional, MAN 5 Jakarta Utara turut mengambil bagian dalam Festival Batik dan Budaya Betawi Kampung Wisata Marunda yang digagas oleh Paguyuban Pengelola Kampung Wisata Marunda. Acara ini berlangsung dari tanggal 2 s.d 3 Oktober 2024 di Rusunawa Marunda, Jakarta Utara.

Acara yang bertema “Melestarikan Batik & Budaya Betawi Menuju Jakarta Sebagai Kota Global” bertujuan untuk melestarikan budaya Betawi, mengembangkan potensi desa wisata Kawasan Marunda dan sekitarnya, serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pada festival ini, sebanyak 20 siswa MAN 5 Jakarta Utara berpartisipasi pada lomba tarian Betawi, fashion show batik Betawi dan kirab budaya Betawi.

Kelima siswa MAN 5 Jakarta Utara menampilkan tarian sirih kuning dengan gerakan yang luwes dan ekspresif. Dua siswi mengikuti fashion show Batik Marunda dan Matik Maliha Marhamas. Kirab budaya diramaikan siswa MAN 5 Jakarta Utara dengan membawa poster bertemakan Marunda Bersiap Menjadi Kota Wisata.

Kepala madrasah, Ade Kurnia, mengungkapkan kebanggaannya atas partisipasi para siswa dalam acara ini. "Kami berkomitmen untuk berperan aktif melestarikan dan mempromosikan budaya lokal di kalangan generasi muda. Melalui kegiatan seperti ini, siswa tidak hanya belajar tentang seni dan budaya di sekolah, tetapi juga bagaimana melestarikan dan berkontribusi terhadap masyarakat," ujarnya.

Festival ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat dan pemerintah daerah yang turut memberikan dukungan terhadap inisiatif pelestarian budaya. (ER)

  • Tags:  

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor