Berita

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 Raih Juara 1 Tingkat Nasional

Senin, 6 Desember 2021
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas) --- Tim Myres (Madrasah Young Researchers Supercamp) MAN 9 Jakarta, berhasil meraih Juara 1 tingkat Nasional pada Bidang Ilmu Keagamaan Islam.

Vitara Ridesta dan Nazwa Aulia, siswi kelas XI Keagamaan, mengambil judul “Masjid Istiqlal dan Moderasi Beragama (Analisis Konten Kanal YouTube Masjid Istiqlal TV)”.

Atas prestasi ini, Kepala MAN 9 Jakarta, Yessy Anwar, menyampaikan rasa bahagia dan terima kasihnya pada seluruh Civitas MAN 9.

“Terima kasih yang tidak terhingga atas perjuangan kerja keras dan pengorbanan Tim Myres MAN 9, Bu Atik sebagai pembina Myres Keagamaan, Bu Natalia sebagai PJ Myres, Bu Ina dan Bu Ummu sebagai pendamping pembina, dan terkhusus kepada Aananda Vitara dan Nazwa. Penghujung tahun 2021 ditutup dengan goresan tinta emas prestasi tingkat nasional,” ujarnya melalui Whatsapp. Minggu (5/12).

“Pencapaian yang sangat luar biasa membanggakan alhamdulillah berhasil diraih oleh tim. Bukan perjalanan yang mudah kami bisa sampai ke posisi tertinggi ini. Dari babak penyisihan Vitara dan Nazwa beserta seluruh tim pendukung, melakukan pembinaan rutin dari berbagai narasumber terbaik,” tambahnya.

Selaku PJ Myres Natalia menambahkan, Tim Myres MAN 9 juga mempelajari Kanal YouTube Masjid Istiqlal TV, melakukan wawancara dengan penanggung jawab kanal, bahkan juga dengan narahubung Masjid Katedral.

“Wawancara ditujukan untuk mengetahui bagaimana aplikasi moderasi beragama yang telah terjalin,” ungkapnya.

Di jelaskan dalam hasil penelitian Vitara dan Nazwa, bahwa konten video di kanal YouTube Masjid Istiqlal TV sejalan dengan moderasi beragama.

“Data primer diperoleh melalui observasi pada konten kanal YouTube Masjid Istiqlal TV, sedangkan data sekunder yang digunakan adalah dokumen yang relevan,” ungkap PJ Myres.

Adapun Kontingen DKI yang meraih Juara pada ajang Myres tahun 2021, adalah :

MAN 9 Jakarta (Juara 1 Bidang Ilmu Keagamaan)
MTsS Istiqlal Jakarta (Juara 1 Bidang Ilmu Keagamaan)
MAN 2 Jakarta (Harapan 1 Bidang Ilmu Keagamaan)
MTsN 5 Jakarta (Harapan 1 Bidang Ilmu Keagamaan)
MTsN 12 Jakarta (Harapan 1 Bidang Sosial dan Humaniora)
MAN 7 Jakarta (Harapan 2 Bidang Keagamaan)
MTsN 20 Jakarta (Harapan 3 Bidang Sosial dan Humaniora)

/ TLSA

Terkait