Berita

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Siap laksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018

Kamis, 12 April 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta - Rabu (11/04/18) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jakarta melaksanakan Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK) mulai senin (09/04) s/d kamis (12/04) di Ruang Komputer MAN 1 Jakarta. UNBK terbagi menjadi 2 Sesi, Sesi pertama pukul 07.30 s/d 09.30 dan sesi kedua pukul 10.30 s/d 12.30 tiap sesinya dibagi menjadi 2 ruang. Tahun ini hanya terbagi menjadi 2 sesi dikarenakan MAN 1 Kampus B Pulau Harapan sudah memiliki komputer sendiri.

Kepala Kantor Wilayah Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab mengunjungi MAN 1 Jakarta saat UNBK hari ke-3 sedang berlangsung. Tujuan beliau datang dalam rangka untuk memonitori pelaksanaan UNBK, memastikan bahwa ujian di masing-masing Madrasah berjalan lancar sesuai prosedur, serta tidak ada kendala dari segi sarana dan prasarana.

Persiapan jelang UNBK dimulai dari 5 bulan sebelum pelaksanaan, proktor dan teknisi dilatih di 2 tempat yaitu di MAN 1 grogol kampus A dan MAN 1 pulau harapan kampus B, kemudian ada 3 proktor yang dikirim untuk masing-masing tempat, setelah secara teknis pelatihan UNBK kemudian dipersiapkan fasilitas seperti listrik dan mengganti kabel-kabel, sehngga UNBK 2018 Siap untuk dilaksanakan.

Menurut Kepala Madrasah, Drs. Musahir M.Pd Ujian Nasional Berbasis Komputer ini sangat mempermudah siswa dan penyelenggara, sebab sebelum dilaksanakan ujian dengan komputer setiap mengirim soal harus melibatkan tiap jenjang pusat, kanwil, daerah serta polisi yang mengawal soal agar tidak terjadi kebocoran. “Sekarang sudah tidak seperti itu lagi, karena setiap siswa soalnya sudah berbeda dan lebih nyaman dalam mengerjakan, yang terpenting karena ini alat elektronik maka perangkat-perangkat elektronik harus disiapkan.” Jelasnya

Para siswa yang mengikuti UNBK 2018 terlihat tenang dan tidak terbebani dengan diadakannya ujian dengan komputer “Persiapannya belajar saja dengan giat, tetap tenang, dan jangan dibawa panik. Harapan saya untuk UNBK 2018 semoga mudah ujiannya, hasilnya bagus, dan ujian tahun depan essay semua agar lebih melatih ketangkasan siswa” Ujar Muzanni Nafis Peserta UNBK sesi 2 (Rabu, 11/04/18)

Harapan dari Kakanwil untuk UNBK tingkat Madrasah supaya berjalan lancar, tidak ada kendala, seluruh siswa dapat mengikuti ujian dengan baik dengan prestasi yang baik agar dapat membuktikan bahwakita sebagai Madrasah yang hebat dan bermartabat. Karena dengan sistem UNBK siswa lebih percaya diri, tidak ada istilah menyontek karena semua sudah online, kepercayaan yang tumbuh, integritas yang tumbuh, kejujuran yang tumbuh semoga menjadi hal positif dalam membentuk karakter.

Dalam rangka  monitoring  pelaksanaan UNBK, Kakanwil memastikan bahwa ujian di masing-masing Madrasah bisa berjalan dengan lancar tidak ada masalah dari segi sarana dan prasarana. Jadi, memastikan ujian berjalan  sesuai dengan prosedur.

UNBK  program nasional telah menyeluruh, UNBK lebih memacu untuk madrasah dalam hal pelaksanaan  lebih tertib dan aman

  • Tags:  

Terkait