Berita

Lima Persiapan Menjelang Bulan Ramadhan Yang Harus Kita Lakukan

Jumat, 27 April 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Tawaqufan pengajian FKPAI Kecamatan Johar Baru dilaksanakan di Masjid Al Istianah, Selasa (24/04). Tawaquf berasal dari kata waqofa berarti berhenti.  Sedangkan menurut istilah adalah penutupan sementara pengajian rutin yang biasanya dilaksanakan pada bulan Sya’ban.  

 

“Waktu setahun itu laksana sebuah pohon. Bulan Rajab adalah waktu menumbuhkan daun, bulan Sya’ban adalah waktu untuk menumbuhkan dahan, dan bulan Ramadhan adalah saatnya memanen. Pemanennya adalah kaum mukmin,” jelas Penyuluh Agama Islam senior, DR. Saifullah.

 

“Menjelang ramadhan, ada lima persiapan yang harus kita lakukan,” ujarnya. Pertama, persiapan ilmu. Agar aktifitas di bulan Ramadhan bisa optimal kita jalankan maka harus memiliki wawasan dan pemahaman yang benar tentang bulan Ramadhan. Caranya ialah banyak membaca berbagai bahan rujukan yang membahas tentang Ramadhan.

 

Kedua, persiapan semangat dan menjauhi perbuatan maksiat. Senada dengan ucapan di awal, yakni dengan memperbanyak amalan sunnah dan menjauhi perbuatan yang tidak bermanfaat sejak bulan Rajab dan Sya’ban. Ketiga, persiapan fisik. Aktifitas yang banyak mengeluarkan energi sebaiknya dihindari atau dikurangi, seperti berolahraga.

 

Keempat, persiapan harta. Sebaiknya sebelum bulan Ramadhan sudah dialokasikan dana untuk melipatgandakan sodakoh atau infaq. Rasulullah telah mencontohkan sifat kedermawanan yang sangat tinggi di bulan Ramadhan. Kelima, persiapan target untuk peningkatan diri. Agar terjadi peningkatan dalam diri kita hendaknya ada target-target yang hendak dicapai, seperti khatam membaca Al Qur’an, sukses Tarawih, sukses itikaf sepuluh malam yang akhir selama bulan Ramadhan, dan sebagainya.   /j15

  • Tags:  

Terkait