Berita

Lebih Menakutkan Mana , Disuntik atau Kena Kanker Serviks ?

Senin, 23 Oktober 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

 

Jakarta (Humas MIN 4 Jakarta Selatan) -- Dalam merealisasikan program BIAS HPV, Puskesmas Kelurahan Pondok Pinang kembali memberikan vaksin HPV (Human Papillomavirus) pada peserta didik kelas V dan VI. Senin (23/10).

 

“ Vaksin HPV tersebut diberikan untuk mencegah kanker serviks (kanker mulut rahim) yang disebabkan oleh Human papillomavirus dan merupakan pembunuh nomor satu wanita Indonesia”, ujar dr.Lucas yang merupakan petugas kesehatan dari Puskesmas Pondok Pinang yang didampingi oleh seorang rekannya yaitu dr.Marco.

 

Sebelum pelaksanaan imunisasi, peserta didik kelas V dan VI diberikan formulir persetujuan orang tua. Berdasarkan formulir yang terkumpul sebanyak 85 siswi dari 121 siswi. Kegiatan tersebut diadakan di kelas VIA.

 

Sebelum imunisasi dr.Lucas memberikan penjelasan seputar kesehatan tubuh para siswi yang mengikuti program imunisasi HPV.”Jika ada siswi sedang demam, agar menunda pelaksanaan imunisasi sampai suhu tubuhnya memungkinkan” ujarnya.

 

Setelah segala sesuatunya selesai disiapkan , tepat pukul 9 pagi imunisasi HPV mulai dilaksanakan. Berbagai ekspresi wajah terlihat berbeda antara siswi yang satu dengan siswi yang lainnya dalam menahan masuknya jarum suntik ke lengan kiri mereka.

 

Sakit sekali ! ” ujar Salma siswi kelas V B usai penyuntikan. “ Kalau saya sih biasa saja deh rasanya “ kata Najwa siswi kelas VI A. Berbeda lagi dengan apa yang dirasakan oleh dua temannya tersebut , Aksa yang juga siswi kelas V B merasakan ada sedikit rasa sakit ketika disuntik , namun rasa sakit itu dapat ditahan oleh Aksa karena ia berkeinginan dapat terhindar dari bahaya terkena kanker servik yang menurutnya sangat mengerikan itu. /mul/fh.

  • Tags:  

Terkait