Berita

Keikhlasan dan Ketulusan Peran dalam Keluarga Mewujudkan Keluarga Sakinah

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [InmasJP] – Kepala Kankemenag Kota Jakarta Pusat, H. Mukhobar memberikan pengarahan kepada 30 pasang calon pengantin dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan, Kamis (29/11). Beliau didampingi Kasi Bimas Islam, Kepala KUA Menteng dan Penghulu serta Tim dari PPAPP dan Puskesmas Kecamatan.

Dalam arahannya, H. Mukhobar mengutip Qs Ar Ruum ayat 21, “Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri. Supaya kamu cenderung dan merasa tentram (sakinah) dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang (mawaddah warohmah)”. 

Keluarga sakinah mawaddah warohmah adalah istilah sekaligus do’a yang sering kali dipanjatkan dan diharapkan oleh para muslim yang telah menikah untuk membangun keluarga yang bahagia. Hal ini menjadi tujuan sekaligus nikmat yang Allah berikan bagi mereka yang mampu membina keluarganya.

Tampak beberapa karakteristik yang menggambarkan seperti apakah keluarga sakinah mawaddah warohmah, seperti keikhlasan dan ketulusan peran yang diberikan masing-masing anggota keluarga, baik peran dari suami sebagai kepala rumah tangga, dari istri sebagai ibu yang mengelola amanah suami, serta dari anak-anak yang menjadi amanah dari Allah untuk diberikan sandang, pangan, papan, dan pendidikan yang baik.

“Saat ini eranya istri turut membantu suami mencari nafkah, namun jangan sampai hak dan kewajiban sebagai istri dan ibu dari anak-anak terabaikan,” jelas ayah dua putra ini mengingatkan para calon istri. “Suami juga harus bisa menghargai istri yang membantu mencari nafkah, bangun kepercayaan jauhkan prasangka” sambungnya.  /j15

Terkait