Berita

Kegiatan Jumat Berkah Di MIN 3 Jakarta Timur

Rabu, 22 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MIN 3 Jakarta) --- Pagi itu, tampak hamparan terpal orange menutupi hampir seluruh halaman Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jakarta. Tak lama, terlihat peserta didik mulai dari kelas 1 sampai kelas 6, duduk di bentangan terpal tersebut. Didampingi oleh para guru, mereka mulai membuka mushaf masing-masing. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap hari jumat ini, dinamakan kegiatan “Jumat Berkah”.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan kebiasaan membaca Al-Quran dan sholat sunah dhuha sehingga tertanam kebiasan yang dianjurkan oleh Allah dan rasulnya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Kepala MIN 3 Jakata Ecep Hasanudin, Kamis (16/11).

Dalam kegiatan tersebut secara bergantian peserta didik ditunjuk untuk memimpin tadarus. Bersama-sama, para peserta didik tersebut melantunkan ayat-ayat dari Q.S. Yasin, Q.S. Ar-Rahman atau Q.S.Al-Waqiah yang menjadi surat-surat pilihan. Usai tadarus, peserta didik pun melanjutkan kegiatan sholat dhuha.
 

Pembiasaan yang dilakukan ini dinilai efektif karena melatih membaca AlQur'an secara berulang –ulang. “Pembiasaan ini akan semakin kuat jika diamalkan,” ujar Ecep. Ecep pun berharap kegiatan ini  juga dapat menumbuhkan sikap istiqomah dalam mengerjakan kegiatan membaca AlQur'an serta  pelaksanaan sunnah yang lainnya./nm/ilm/ilm

  • Tags:  

Terkait