Berita

KaKanwil Tekankan Tiga Hal Penting dalam Rakornis Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam 2019

Rabu, 13 Maret 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Bogor (inmas) – Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab membuka kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019. 

Dalam sambutannya, Saiful mengatakan bahwa Kegiatan ini untuk memantapkan program-program di tahun 2019. Sesuai arahan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bahwa tahun anggaran 2019 ini adalah tahun akhir kabinet kerja yang akan berakhir bulan oktober.

KaKanwil mengajak kepada Kepala Bidang, Para Kepala Kasi baik Kota, Kantor Wilayah dan seluruh yang tergabung dalam Keluarga Besar Pendidikan Agama  dan Keagamaan Islam agar segala pemantapaan program serius dilaksankan.

“Persoalan evaluasi program, program berbasis masyarakat, program berbasis manajemen dan sebagainya tolong benar-benar dipetakan melalaui Raker ini, agar pemantapakan program benar-benar terukur dengan baik,” ujar KaKanwil saat memberikan materi mengenai moderasi beragama di lingkungan NKRI, Bogor (12/03)

Selanjutnya KaKanwil menyampaikan mengenai Bagaimana Raker pusat, Raker Kanwil untuk membawa misi tiga mantra yang di usung oleh Kementerian Agama dalam rangka memberikan pelayanan kepada umat.

Dan KaKanwil juga meminta kepada Para Kasi yang membawahi Pendidikan Agama baik Tingkat Menengah, Tingkat Dasar, Tingkat Pondok Pesantren, dan Lembaga- lembaga Keagamaan yang ada di Bidang Pakis untuk mendorong agar Pendidikan Agama yang ada di sekolah-sekolah umum dapat tercapai, “Mari kita bersama-sama merumuskan terkait Moderasi Beragama, agar pendidkan agama yang kita dorong di sekolah-sekolah umum ini bisa tercapai kepada anak didik kita,” Lanjut KaKanwil 

Materi kedua yang disampaikan KaKanwil mengenai Mantra Kebersamaan Umat Kementerian Agama mewujudkan masyarakat yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Mandiri, Sejahtera Lahir Batin yang berazaskan Kedaulatan dan Gotong Royong.

“Saya minta seluruh ASN Kementerian Agama maupun Keluarga Besar Kementerian Agama agar memahami benar konteks-konteks Keagamaan jadi takala ada di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan kebersamaan dan kedamaian, meberikan solusi bukan menambah persoalan,” harap KaKanwil

Berkaitan mengenai Integritas Data. Menurutnya, Integritas Data ini sangat membutuhkan kerja keras dan tentunya memerlukan program atau software di Bidang Pakis yang bisa mengakses seluruh data.

“Kita Kanwil Kementerian Agama terus melangkah bersama-sama terkait itegrasi data,” Ujar KaKanwil

Di akhir memberikan materi, KaKanwil berharap Semoga kegiatan ini menghasilkan program dan memantapkan program sehingga kita bisa bersama-sama melaksanakan program dalam rangka mengawal Moderasi Beragama, Kebersamaan Umat dan Integritasi Data.

Turut dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam H. Wahyudin, Para Kasi pada Bidang Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, Para Kasi PAI kankemenag Kota/ Kabupaten, Para Kasi PD-Pontren Kakemenag Kota/ Kota, perwakilan FKG TK, KKGPAISD, perwakilan MGP PAI SMP, perwakilan MGMP PAI SMA, perwakilan MGMP PAI SMK, perwakilan Polantas PAI, Perwakilan FKPP, perwakilan FKDT, perwakilan Pokja TPQ,perwakilan  LPPPTKA dan Ri'Ayatul Ummah.

Terkait