Berita

Kakanwil DKI Hadiri Rakernas Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 1439H/2018M

Selasa, 2 Oktober 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab hadiri Rapat Kerja Nasional Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 1439 H/ 2018M disalah satu hotel di Jakarta Pusat. Selasa (02/10).

Kegiatan ini mengusung tema Syukuri Haji dengan Terus Berinovasi. Dalam sambutannya Menag menyampaikan Rakernas ini merupakan salah satu cara untuk mensyukuri apa yang telah dilakukan dan didapatkan pada penyelenggaraan ibadah haji.

"Cara kita bersukur itu dengan senantiasa berinovasi. Jadi inovasi yang kita lakukan hakikatnya adalah bentuk syukur atas segala capaian yang telah diraih,” ujar Lukman Hakim Saifuddin dihadapan 164 peserta yang berasal dari Kanwil Kemenag se Indonesia dan jajaran Ditjen PHU.

“ Terima kasih pada beberapa pihak yang sudah memberikan sumbangsih dan kontribusi yang sangat bermakna bagi kesuksesan penyelengaraan haji tahun ini,” lanjutnya.

Menurut Menag capaian yang diraih dari penyelenggaraan haji tahun 1439/2018M diantaranya andil yang sangat besar berupa bantuan dan fasilitas dari pemerintah kerajaan Arab Saudi Arabia. Begitu juga kerja sama yang sangat baik dari jemaah haji Indonesia. 

“ Koordinasi kerjasama sinergisitas antara sejumlah kementerian dan lembaga yang ada saat berada di tanah suci juga menjadi faktor suksesnya penyelenggaraan haji tahun 1439/2018M,” ucap Menag.

"Inti dari Rakernas adalah melakukan evaluasi terhadap 10 inovasi yang sudah kita terapkan pada haji tahun ini dan merencanakan serta mempersiapkan 8 inovasi yang akan kita laksanakan di tahun 2019,” pesannya.

Selain akan memberikan kepastian kepada jemaah haji terkait ketersedian tenda di Arafah dan Mina, penempatan jemaah yang tidak jauh dari Masjid Nabawi, Menag menambahkan inovasi lain yang akan dilakukan adalah sistem pelaporan berbasis digital.

Turut  dihadiri Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI Ronny F Sompie, Dirjen PHU Kemenag Nizar Ali, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, Kepala Biro HDI Mastuki, perwakilan K/L, sejumlah Kakanwil Kemenag dari berbagai provinsi di Indonesia dan pejabat Ditjen PHU Kemenag. /Ik

  • Tags:  

Terkait