Berita

Jambore Ekskul Kokohkan Keakraban Antar Anggota di MTsN 8 Jakarta

Jumat, 21 Desember 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTs N 8 Jakbar)  - Dalam rangka mengokohkan  tali silaturahmi dan menjalin keakraban di antara kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan MTs N 8 Jakarta Barat, Panitia Jambore mengadakan kegiatan Jambore Ekskul yang berlokasi Lapangan MTs N 8 Jakarta Barat, Jl. Seruni Komp BTN Kresek Indah Kel.Duri Kosambi Kec.Cengkareng Jakarta Barat, ( 21-22/12/2018 ).

Tahun  ini kegiatan Jambore Ekskul bertema “Menumbuh kembangkan Kemandirian dan Peningkatan Prestasi Akademik dan Non-Akademik Madrasah” yang diikuti oleh 212 peserta yang terdiri atas perwakilan tiap ekskul, pelatih dan para pembina ekskul.

Kegiatan ini turut pula dihadiri oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Jakarta Bpk. Anwar Fikri, S.Ag, dan di damping Kaur Tata Usaha MTs N 8 Jakarta Bpk.Achmad Mulyadi, S.Sos.I  dan  motivator selaku Pembina Pramuka Bpk. Saadudin Atap Tazani, S.Pd.I

Dalam sambutannya, Kepala MTs N 8  Jakarta , Anwar Fikri, S.Ag mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan jambore untuk membangun karakter mandiri dan prestasi siswa dalam pelbagai aspek, terutama prestasi akademis dan non-akademis harus berjalan seimbang dan dinamis dalam proses pembelajaran di sekolah.

“Tentu saja, untuk membangun jiwa  kemandirian itu dibutuhkan kerjasama civitas akademika MTs N 8  Jakarta dengan stake holder (pengelola/pimpinan ) madrasah demi mewujudkan generasi mandiri, unggul dan berilmu (MAUMU ) sesuai ajaran Alquran dan Hadis Nabi” tambahnya

Rangkaian acara dikemas semenarik mungkin dan penuh tantangan. Mulai dari acara pembukaan, pentas kreasi ekskul, malam muhasabah, tafakur alam, api unggun, permainan edukatif, dan training motivasi. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini berjalan lancar dan tertib. Pasalnya,  para peserta jamboree ekskul sangat  menikmati tahapan kegiatan hingga meninggalkan pengalaman berkesan bagi mereka.

Imas Yuningsih, siswa kelas VII menuturkan bahwa ia sangat senang mengikuti kegiatan jambore ekskul tahun ini.  Melalui acara tafakkur alam, dirinya lebih menghargai keindahan alam semesta dan menikmati makna kebersamaan antara satu ekskul dengan ekskul lainnya.

“Lewat jambore, saya belajar menghargai arti kebesamaan, kedisiplinan, dan solidaritas antara  kelompok sangga. Saya jadi berani tampil percaya diri di depan publik dan berharap kegiatan ini diadakan kembali tahun berikutnya” tutur peserta lainnya, Akbar Nicholas.

Terdapat 4 jenis ekskul yang ikut menyemarakkan kegiatan jambore tahun ini. Ragam ekskul tersebut antara lain OSIS, Pramuka, PMR, Paskibra.

Jelang upacara penutupan, para peserta jambore ekskul  mengikuti kegiatan Training Motivasi pagi oleh motivator sekaligus Ketua Paninitia Saadudin Atap Tazani, S.Pd.I Selanjutnya, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Ahmad Baihaki, S.Pd menutup upacara jambore sekaligus mengukuhkan pelantikan anggota masing-masing ekskul. -Habibie

Terkait