Berita

Hidup Seorang Muslim Terkait Erat Dengan Air Yang Suci dan Mensucikan

Kamis, 8 Maret 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – DR. H. Saefullah memberikan tausiyah pada ASN Kankemenag Kota Jakarta Pusat di Masjid Al Muttaqin, Rabu (07/03). Tausiyah bertema Fiqih Air penting untuk diperkenalkan karena kesehariannya muslim tidak bisa jauh dari air.   

 

Dalam agama Islam, air terbagi menjadi empat, yaitu Air Mutlak, Air Mustak’mal, Air Mutanajis, dan Air Musyammas. Air Mutlak adalah air yang suci dan tidak tercampur apapun di dalamnya sehingga bisa digunakan untuk mensucikan. “Air yang tergolong Air Mutlak antara lain air hujan, air laut, mata air, salju atau es dan embun,” jelasnya.

 

Air Mutanajis adalah air mutlak yang kemasukan najis. Jenis air ini terbagi dua macam, pertama, air yang sedikit sebab jumlahnya kurang dari dua kulah dan dua, air berubah sifatnya seperti rasa, warna atau bau. Ukuran dua kulah sama dengan 192,857 kg atau bak mandi dengan panjang, lebar dan dalamnya masing-masing satu hasta.

 

Mengutip dari riwayat Ibnu Majah dan Baihaqi, Nabi Muhammad SAW bersabda,” air itu tidak dinajisi sesuatu kecuali apabila berubah rasa, warna atau baunya,” jelasnya. Pada riwayat lain Nabi Muhammad SAW bersabda,” apabila air cukup dua kulah maka tidaklah dinajisi oleh sesuatupun”.  

 

Air Musyammas adalah air yang panas dengan sebab kena panas matahari dan berada di dalam bejana yang terbuat dari emas atau perak. Air ini lalu memunculkan bau yang tidak sedap sehingga menjadi makhruh digunakan untuk membasuh tubuh.

 

Air Musta’mal adalah air suci tetapi tidak mensucikan. Termasuk jenis air ini ada tiga macam, yakni pertama, air pada tumbuhan seperti air nira, air kelapa dan sebagainya. Dua, air yang telah berubah karena sifatnya telah bercampur dengan dengan benda lain seperti air teh, air kopi dan sebagainya. Tiga, sisa air yang telah digunakan untuk bersuci, debitnya kurang dua kulah dan berniat ightirof (mengambil air dari tempatnya untuk digunakan diluar tempat tersebut.  /j15       

  • Tags:  

Terkait