Berita

Hari Santri 2024 "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan"

Selasa, 22 Oktober 2024
blog

hari santri 2024

Jakarata (Humana MTsN 40 Jakarta) -- Hari Santri Nasional diperingati setiap 22 Oktober di seluruh Indonesia. Peringatan ini tidak hanya menyoroti peran penting santri dan pondok pesantren dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, tetapi juga menjadi momen untuk mengenang sejarah perjuangan umat Islam di Indonesia.

 

Sejarah mencatat bahwa peran pesantren sebenarnya telah dimulai sejak era pra-revolusi, yakni ketika banyak dari kiai yang memimpin pergerakan dan peperangan melawan penjajah, seperti Kiai Mojo dalam Perang Diponegoro hingga Kiai Abbas dalam perang 10 November.

 

Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan tema untuk Hari Santri Nasional 2024, yakni "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan," seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Agama.

 

"Menyambung Juang" dimaksudkan untuk meneruskan semangat juang yang selama ini dilakukan oleh para santri. Sementara, "Merengkuh Masa Depan" dimaksudkan untuk bergerak secara bersama-sama menuju masa depan. Secara keseluruhan, tema ini mengartikan perjuangan berkelanjutan para santri dalam merengkuh masa depan yang sejahtera.

 

Peringatan hari santri di MTs Negeri 40 Jakarta Barat tahun ini diwarnai dengan suka cita, seluruh siswa siswi MTs Negeri 40 Jakarta Barat melakukan kegiatan yang bermanfaat dimulai dari senam santri yang melibatkan seluruh guru, siswa serta staf MTs Negeri 40 Jakarta Barat. Senam ini dipimpin oleh Ahsan Emri S.Pd. selaku guru olaraga.

 

Senam santri diadakan dengan tujuan untuk memperingati hari santri 2024, selain itu juga untuk menanamkan kebiasaan supaya siswa siswi dan guru semua terbiasa memiliki tubuh yang bersih, sehat, dan segar agar kegiatan belajar menjadi lebih semangat. Uniknya, pada senam santri, banyak terjadi pengabungan bidang ilmu. Selain olahraga, ada pula olah pikir dan dzikir. 

 

Pada puncak perayaan hari santri Selasa, 24 Oktober 2024 seluruh warga MTs Negeri 40 Jakarta Barat mengadakan pawai yang diikuti oleh seluruh warga mulai dari siswa siswi, pendidik, staf hingga OB ikut berpartisipasi dalam kegiatan Hari Santri.

 

Sebelum dilakukan pawai bersama, seluruh siswa siswi mengikuti upacara bendera untuk memeringati Hari Santri. Upacara dilakukan dengan sangat hikmat dan tertib, tidak hanya itu para siswa/i juga menyanyikan lagu mars hari santri guna membangkitkan jiwa untuk tetap semangat dan meraih cita-cita.

 

Setelah kegiatan upacara dilakukan seluruh siswa diberi waktu untuk istirahat, untuk mempersiapkan pawai yang akan diikuti oleh seluruh warga MTs Negeri 40 Jakarta Barat. Pawai yang berlangsung meriah diawali barisan hadroh MTs Negeri 40 Jakarta Barat dan diikuti oleh seluruh siswa/i, rute perjalanan dimulai dari madrasah mengelilingi rumah warga sampai kembali lagi ke MTs Negeri 40 Jakarta Barat.

 

Pawai dibuka dengan sangat hikmat oleh kepada Madrasah H. Asroh, M.Pd., selama kegiatan pawai berlangsung dengan sangat meriah diiringi dengan sholawat selama perjalan pawai yang diikuti oleh seluruh siswa MTs Negeri 40 Jakarta Barat kegiatan ini bertujuan untuk  mengenang dan meneladani perjuangan ulama dan santri dalam membela serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

 

Selamat Hari Santri 2024! Jaya selalu para santri. Mari kita teruskan perjuangan para ulama dan santri yang telah menorehkan tinta emas dalam sejarah bangsa ini dan semoga anak anak tumbuh menjadi generasi yang beriman cerdas dan taat kepada Allah dan Rasulullah (AS).

  • Tags:  

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor