Berita

Diklat Calon Anggota Paskibra MAN 14 Jakarta

Senin, 23 September 2024
blog

Paskibra MAN 14 Jakarta Timur

Jakarta (Humas MAN 14 Jakarta) – Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta mengadakan kegiatan pendidikan dan latihan (diklat) calon anggota Paskibra pada Sabtu (21/9/2024). Kegiatan yang diikuti oleh 70 orang calon anggota Paskibra kelas X dan XI ini berjalan lancar.

Paskibra merupakan ekstrakurikuler di sekolah yang bertugas mengibarkan bendera merah putih pada hari senin dan hari besar dan juga bertugas mengatur jalannya upacara bendera di sekolah. Regenerasi dari suatu organisasi khususnya Paskibra penting untuk dilaksanakan. Sebelum menjadi Paskibra, semua anggota akan menjalani pendidikan dan pelatihan (diklat) terlebih dahulu. Melalui diklat, Paskibra bukan hanya kelompok pengibar bendera. Mereka dididik memiliki dedikasi tinggi hingga jiwa kepemimpinan kuat.

Diklat Paskibra adalah kegiatan untuk mendidik dan melatih calon anggota Paskibra agar memiliki bekal dasar sebelum menjalankan tugas sesungguhnya. Mereka yang berhasil lulus dalam diklat ini nantinya resmi dinyatakan sebagai anggota Paskibra

Materi yang diberikan dalam diklat ini antara lain Peraturan Baris Berbaris (PBB), Tata Upacara Bendera (TUB) dan kepemimpinan yang merupakan materi yang wajib dikuasai oleh Paskibra. Materi ini bermanfaat membentuk kedisiplinan, memupuk kebersamaan dan membentuk karakter generasi muda yang tanggap dan bertanggung jawab.

Rangga Akbar Permana pengisi materi kepemimpinan mengatakan, “Dengan materi kepemimpinan diharapkan akan menghasilkan Paskibra yang memiliki jiwa nasionalisme, solidaritas, disiplin, bertanggung jawab, sehat jasmani dan mental serta mampu memimpin dengan baik”.

Sejalan dengan itu Ratna Indartiy selaku pembina Paskibra MAN 14 Jakarta mengatakan, “Sikap cinta tanah air, disiplin, dan kepemimpinan yang terbangun dalam diri mereka menjadi modal penting kemajuan bangsa untuk masa depan. Kegiatan Diklat Paskibra bukan hanya sekadar pelatihan fisik, tetapi juga pembentukan karakter dan jiwa nasionalisme”./stw

Terkait