Berita

Di Tengah Covid 19, MAN 9 Adakan PTS Melalui Aplikasi E-Learning Madrasah

Selasa, 15 September 2020
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 9) --- Memasuki Penilaian Tengah Semester (PTS), Madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta melaksanakan kegiatan tersebut mulai 14 – 25 September 2020. Dan dibagi menjadi 3 sesi.

“Dikarenakan masih dalam Pandemi Covid-19, maka pelaksanaan PTS dilaksanakan secara online melalui aplikasi E-Learning Madrasah’” tutur Arif Rahmat, anggota Tim SAM MAN 9 Jakarta.

“Pelaksanaan PTS Ganjil ini sekaligus menandai bahwa sudah 6 bulan Pandemi Covid-19 melanda negara kita khususnya wilayah DKI Jakarta, semenjak secara resmi kegiatan KBM disetting dalam bentuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada tanggal 16 Maret 2020 lalu,” tambahnya.

Salah seorang pengajar MAN 9, Irianti, mengatakan, bahwa masa pandemi seperti sekarang ini seluruh kegiatan lebih banyak dilakukan di rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar.

“Kegiatan PJJ bertujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tidak terkecuali juga MAN 9 yang melakukan PJJ atau siswa belajar secara daring, termasuk pelaksanaan PTS,” ungkapnya.

Lebih lanjut Irianti menyampaikan, Pembelajaran secara daring, juga PTS, dapat melatih atau meningkatkan kedisiplinan siswa, karena jika mereka tidak tepat waktu dalam mengikutinya, maka mereka tidak akan dapat mengerjakannya di luar waktu yang telah ditentukan.

“Semangat dan daya pikir serta daya juang siswa dalam memahami materi yang diujikan juga dapat terukur. Kreativitas para guru dalam meramu materi atau penilaian bagi para siswa juga dapat dilihat,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Salahudin selaku Waka Bidang Akademik, bahwa PTS dilaksanakan untuk mengetahui keterukuran hasil belajar selama tengah semester ini. Berapa persen peserta didik dapat menyerap materi yang disampaikan guru-guru secara online. Hasil belajar ini akan menjadi masukan bagi pendidik agar menampilkan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif.

“Hasil belajar setengah semester ini akan disampaikan kepada orangtua siswa, juga secara online dalam bentuk PDF, melalui Whatsapp,” imbuhnya.

Nantinya, nilai hasil PTS akan digabung dengan nilai tugas, yang merupakan penilaian dari sisi pengetahuan. Nilai keterampilan juga ditampilkan sebagai bentuk rerata dari portfolio dan unjuk kerja. Nilai sikap siswa selama mengikuti PJJ juga dituangkan dalam laporan.

Kesemua nilai tersebut dimasukkan ke dalam DNS (Daftar Nilai Siswa) yang dibuat oleh Tim SAM MAN 9 Jakarta./tlsa

Terkait