Berita

Cegah Penyakit Menular, MIN 3 Jakarta Berikan Imunisasi Bagi Peserta Didik

Rabu, 22 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

 Jakarta ( Humas MIN 3 Jakarta Timur ) --- Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jakarta Timur  berkerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo  melaksanakan imunisasi bagi  peserta didik  MIN 3 Jakarta, Rabu (22/11).

 

Terdapat tiga jenis imunisasi yang diberikan,  yaitu imunisasi Tetanus Toxoid ( TT) bagi siwa kelas 1, imunisasi Tetanus Difteri (Td) bagi siswa kelas 2, serta imunisasi  Human Papiloma Virus (HPV)  bagi peserta didik kelas 5 dan 6.

 

"Imunisasi TT dan Td yang diberikan kepada anak usia kelas satu dan dua dimaksudkan agar anak memiliki imun atau kekebalan terhadap tetanus dan difteri,” ujar Dokter Pratika selaku ketua tim dokter Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo, Rabu (22/11).

 

Menurut Pratika, pelaksanaan imunisasi di sekolah dan madrasah merupakan salah satu program pemerintah. Program yang bertujuan dalam rangka melakukan pencegahan penyakit yang berbahaya ini memang ditujukan kepada anak usia sekolah dasar,  karena mereka memiliki tingkat kekebalan tubuh yang masih baik.

 

“Imunisasi HPV diberikan di usia SD, karena kekebalan tubuhl lagi baik -baiknya ,Vaksin ini akan memberikan pencegahan sangat bagus,” jelas Pratika yang datang bersama enam orang rekannya.

 

Sebelumnya, pada Senin (20/11)  Kepala MIN 3 Jakarta didampingi pembina Unit Kesehatan Sekolah (UKS)  melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada wali murid  mengenai pentingnya imunisasi bagi peserta didik. Kepala MIN 3 Jakarta Ecep Hasanudin menyatakan bahwa pelaksanaan imunisasi di lingkungan MIN 3 Jakarta bertujuan untuk menjaga kesehatan peserta didik di MIN 3 Jakarta.

 

"Pelaksanaan imunisasi vaksin HPV guna mencegah kanker servik khusus peserta didik perempuan  dan  iminusasi TT dan Td sangat bermanfaat agar anak -anak tercegah dari penyakit tetanus dan difteri,” kata Ecep, Senin (20/11).

 

Untuk itu Ecep mengharapkan kerjasama wali murid untuk dapat mengisi form persetujuan pelaksanaan imunisasi yang telah diberika. “Karena itu mari sama sama melaksakan imunisasi ini dengan baik demi kesehatan anak- anak kita semua,” tambah Ecep.

 

Atas persetujuan para wali murid tersebut, maka imunisasi di MIN 3 Jakarta dapat terlaksana. Dengan didampingi oleh wali kelas, para peserta didik mengikuti imunisasi tersebut secara bergantian. Tercatat, 90 orang siswa mendapat imunisasi TT, 120 orang siswa mendapat imunisasi Td. Sementara imunisasi HPV diberikan kepada 45 orang siswa kelas 5 dan 55 orang siswa kelas 6.  

 

Khusus imunisasi HPV, diberikan hanya kepada peserta didik perempuan saja.  "Awalnya agak deg-degan saat mau disuntik, tapi setelah disuntik tidak terasa sakit hanya terasa pegal sedikit saja" ujar Amira Dewi salah seorang siswa yang telah di imunisasi./nm/ilm/ilm

 

 

  • Tags:  

Terkait