Berita

BERLATIH PEDULI SESAMA MELALUI KEGIATAN DONOR DARAH DI MAN 10 JAKARTA

Kamis, 25 Januari 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta ( HUMAS MAN 10 ) Kegiatan Donor darah dan pelayanan kesehatan gratis yang bekerja sama dengan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat, Puskesmas Kembangan dan Akademi swakarsa merupakan kali ketiga di selenggarakan di MAN 10. Selasa (18/01).

Menurut Pembina PMR MAN 10 Ratna Dewi, kegiatan donor darah dan pelayanan kesehatan gratis ini merupakan program kerja dari PMR angkatan 2018. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebutuhan akan darah dan membantu pendonor menjaga kesehatan baik secara fisik maupun psikologis.

Untuk pelayanan kesehatan gratis meliputi cek gula darah, cek tensi darah, cek asam urat dan cek kolesterol. Ada 120 orang peserta pelayanan kesehatan yang terdiri dari para guru, siswa dan masyarakat sekitar. Sementara yang melakukan cek golongan darah ada 80 orang sisiwa.

Sebanyak 75 orang dari 100 orang pendaftar yang dianggap layak untuk mendonorkan darah mereka berdasarkan hasil cek kesehatan sebelum melakukan donor darah. Faktor penyebabnya adalah kurangnya kadar Hemoglobin, menstruasi ( bagi wanita) dan kurangnya istirahat. Dari hasil pendonor terkumpul sekitar 75 kantong darah yang berasal dari para guru, karyawan , siswa dan masyarakat sekitar.

Program kegiatan PMR tidak hanya donor darah dan layanan kesehatan gratis saja tapi juga berlanjut pada kegiatan bakti sosial yang tahun ini di prioritaskan pada panti jompo di daerah Cengkareng. Seperti yang disampaikan oleh ketua pelaksana Fajar Ariefin .

Kegiatan baksos dilaksanakan pada hari Sabtu ( 20 Januari 2018) , yang dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 11.30 . Sekitar 45 menit perjalanan kami sampai di panti jompo PSWT daerah Cengkareng. Kesan dari salah satu anggota PMR ( Dhanty Cinthya) , di tengah perjalanan kami dibasahi rintikan hujan. Namun rintikan hujan tersebut tidak membuat kami putus semangat untuk berkunjung ke panti jompo. Setelah tiba di tempat, kami disambut dengan baik oleh anggota panti.

Bermacam acara kami diselenggarakan bersama mereka  seperti bermain games, bernyanyi bersama, berkeliling panti sambil bersalaman dan sedikit pembicaraan . Kami juga membagikan makanan dan sejumlah donasi yang telah kami kumpulkan baik dari seluruh siswa MAN 10 maupun dari lembaga dan perusahaan lain yang telah menjadi donatur dalam kegiatan kami.

Hikmah yang dapat kami ambil dari pengalaman ini adalah perbanyak bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan  dan selalu menjaga yang Allah titipkan seperti orang tua yang telah lanjut , untuk tetap kita rawat dengan penuh keiklasan. (TM)

  • Tags:  

Terkait