Berita

Ayo Tebarkan Kedamaian! Seruan Menteri Agama Kepada Seluruh Pemeluk Agama

Kamis, 4 Januari 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berkesempatan menjadi inspektur Upacara Peringatan HAB Kementerian Agama ke-72 di halaman Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Rabu (03/01). Beliau membacakan sambutan Menteri Agama dengan tema HAB pada tahun ini adalah ‘Tebarkan Kedamaian’.

 

Pada 3 Januari 1946, Kementerian Agama resmi berdiri sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan. Pada hari itu pula, Indonesia mengukuhkan sebagai negara yang pertama kali memiliki kementerian di bidang Agama.

 

“Kementerian Agama hadir untuk mengatur, membimbing, melayani serta melindungi semua pemeluk agama di dalam NKRI,” tegas Anies dalam sambutannya.

 

Melihat pentingnya tugas itu, maka pada diri aparatur Kementerian Agama melekat beberapa misi yang saling terkait, antara lain mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan seluasnya akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antaumat beragama.

 

Kementerian Agama pun bertugas sebagai pengawal dasar negara, yaitu Pancasila yang didalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jatidiri Bangsa Indonesia yakni Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa.

 

 

Tema ‘Tebarkan Kedamaian’ dipilih sebab pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada seluruh umat manusia. Kedamaian akan membawa kebahagiaan serta jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. /j15

  • Tags:  

Terkait