Berita

Askesra Pemprov DKI Melepas Kloter 1 Bertolak Ke Tanah Suci

Sabtu, 11 Mei 2024
blog

Jakarta (Humas Kemenag DKI) --- Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Sekda Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti melepas 393 calon jemaah haji yang akan bertolak ke tanah suci. Beliau berpesan pada calon jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 1 JKG untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan selama beribadah.

 

"Mengingat suhu yang cukup tinggi, kita pesankan juga melalui para petugas untuk mengingatkan jemaah untuk cukup minum dan juga memakai pelindung diri apabila keluar dari ruangan dapat memakai sunscreen untuk para jemaah untuk mencegah kulit kering dan iritasi, serta jangan sampai dehidrasi dan heatstroke," jelas Widyastuti.

 

Widyastuti juga mengingatkan agar calon jamaah haji untuk mengikuti aturan yang berlaku di Arab Saudi dan mengikuti arahan dari petugas kloter.

 

“Jika calon jamaah haji mengalami kendala mengenai manasik, kesehatan selama di perjalanan maupun di tanah suci, silakan berkonsultasi kepada para petugas,” imbuhnya.

 

Menurut informasi, calon jemaah haji Indonesia akan mulai berangkat ke Tanah Suci pada Minggu (12/5/2024) dini hari terdapat dua kloter yang berangkat melalui Asrama Haji embarkasi Jakarta Pondok Gede.

 

Pada kloter pertama, sebanyak 393 calon jemaah haji asal Daerah Khusus Jakarta diberangkatkan ke tanah suci menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 7301. Mereka berangkat melalui Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (12/5/2024) pukul 01.00 WIB dan tiba di Madinah pukul 07.00 waktu setempat.

 

Sementara itu, kloter dua terdapat 440 calon jemaah haji asal Banten akan berangkat menggunakan pesawat Saudi Airlines dengan nomor penerbangan SV 5155. Kloter ini berangkat dari bandara pukul 04.35 WIB dan tiba di Madinah pukul 10.05 waktu setempat.

 

"Prinsipnya kalau Madinah ini udah siap, petugas sudah siap menjemput karena ketika landing sudah tidak melalui imigrasi lagi, dia langsung masuk ke hotel," ucap Kanwil Kemenag Jakarta Cecep Khairul Anwar saat melepas jemaah calon haji di Asrama Haji embarkasi Jakarta Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (11/5/2024).

 

Sekedar informasi, tahun ini Indonesia memberangkatkan sebanyak 214.000 calon haji ke tanah suci dengan proses pemberangkatan jemaah ini akan berlangsung hingga 10 Juni mendatang.

  • Tags:  

Terkait