SATURDAY, 20 APR 2019

Workshop PTK: Dalam Mengasah Kemampuan Menulis Ilmiah Para GTK di MAN 15 Jakarta


MAN 15 Jakarta 21 Nov 2018, 17:20


Jakarta (Humas MAN 15) --- Mewujudkan Terbentuknya Guru Yang Profesional , Menghasilkan Kualitas Pembelajaran Yang Lebih Baik Sehingga Mencapai Hasil Belajar Yang Optimal. Para Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 15 Jakarta mengikuti kegiatan Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Sabtu (17/11).

Tenaga Pendidik berharap kegiatan ini dapat menghasilkan kualitas mutu para pendidik yang lebih profesinal dan mampu dalam menulis Karya Ilmiah. Terkhusus adalah bagi para Guru yang sudah lama mentok dalam mengurus Kepangkatan dari 4a ke 4b dst. Pelatihan ini harus dijadikan modal mengasah kemampuan diri, jangan jadikan rasa malas untuk tidak mau menulis.

Penulis berpendapat, bahwa kegiatan ini sangatlah baik dan dalam upaya meningkatkan kualitas SDM bagi para Guru dan Tenaga Kependidikan. Dalam Tema Workshop PTK adalah 'Melalui Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kita Tingkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah'. Dengan demikian maka kegiatan pelatihan tindakan kelas harus diwujudkan kedalam actinn.

" Kegiatan ini harus diapresasi dan sambut dengan baik serta saling membuka diri dalam membuat karya tulis yang di pandu langsung narasumber profesional dari Widyaswara Balai Diklat Keagamaan Marina Setiawati," ujarnya.

Perlu diketahui bahwa Madrasah saat ini sudah menjadi idola/brand bagi kalangan masyarakat umum bahkan anomi masyarakat terhadap sekolah Madrasah sangat tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan PPDB di sekolah Madrasah sudah bisa menolak-menolak para calon siswa yang ingin masuk madrasah. Bukan tanpa alasan mengapa demikian, hal ini karena keterbatasan kuota di sekolah kelas/ruangan yang sedikit dan terbatas. Harus menjadi pemikiran serta pekerjaan bersama khususnya MAN 15 Jakarta harus mau meningkatkan kualitas sumber daya manusianya (SDM) dalam menghadapi bahwa masyarakat sudah percayai sekolah Madrasah.

 Keunggulan sekolah Madrasah adalah memang dari segi pendidikan agama lebih baik, akhlak dan moral juga lebih oke dibanding sekolah umum yang bisa kita ketahui dengan tantangan era digital ini banyak anak-anak di usia pelajar berprilaku menyimpang. Menjadi Pekerjaan bersama bahwa suatu tolak ukur kualitas suatu madrasah itu bermutu baik atau tidaknya yaitu dapat dilihat dari para alumni madrasahnya dapat diterima di PT Negeri seberapa banyak, presentasi yang diterima di lingkungan pemerintahan berapa dan berapa yang bekerja di sektor-sektor usaha (Industri).

Usaha yang tidak mudah namun harus diupayakan dengan serius, maka lakukan action; Pertama persoalannya madrasah saat ini adalah ketika madrasah semakin dipercaya masyarakat dan arah pandangan pendidikan lebih baik. Namun menuntut kesiapan para tenaga Guru harus dengan sekolah SMA yang sudah banyak prestasinya. Kedua, harapan dalam kegiatan PTK ini semoga para tenaga Guru yang sudah Golongan 4A cepat  naik golongan berikutnya dengan mudah adanya Pelatihan PTK. etc

Menurut Kepala Tata Usaha Tugiman, M. Pd Bahwa Worksophop PTK, dalam upaya terkhusus ditujukan agar para guru mampu menggali informasi sebanyak-banyaknya dari pembicara materi Dra. Marina Setiawati, M. Pd (Widyaswara) dari balai diklat keagamaan rawa kuning. Pelaksanaan Workshop ini juga untuk para pegawai baik PNS maupun Non PNS (Honor).

Dan workshop PTK ini mampu memberikan informasi yang tepat, cepat dan mantap kepada para Guru dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang berkepentingan. Terkhusus bagi para Guru yang sudah maksimal dalam kepangkatan selanjutnya. red.iNews.asb/fajr.


Dibaca: 55 kali