Workshop Dupak, Kakanwil : Eratkan Hubungan Digitalisasi Saat Ini



Kepala Kanwil Kementerian Agama, Cecep Khairul Anwar membuka kegiatan Workshop Penilaian Angka Kredit Guru di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta. (Humas/foto: Ismail)

Jakarta (Humas) --- Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Cecep Khairul Anwar mengajak para pendidik untuk berselancar di dunia maya untuk mengeratkan hubungan dengan digitalisasi saat ini.

“Intinya adalah seluruh pendidik untuk membangun peradaban yang ada di media sosial,” ujarnya saat membuka kegiatan Workshop Penilaian Angka Kredit Guru di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta. Rabu (14/09).

Selanjutnya, Kakanwil mengungkapkan bahwa seorang pendidik harus memahami peserta didik, tidak hanya dari perspektif sosial di lingkungan madrasah, tetapi pendidik harus mampu berpikir kedepan.

“Di era industry 4.0 kita tentunya akan mempercepat arus informasi termasuk media sosial dan dunia pendidikan,” jelasnya dihadapan 86 orang.

Terkait penulisan karya ilmiah, Kakanwil mengingatkan untuk menambah wawasan pengetahuan untuk peningkatkan pangkat golongan para pendidik di madrasah.

“Semoga hari ini kita dapat meningkatkan kompetensi terkait penulisan karya ilmiah,” pungkasnya.

Sesuai amanat UU No. 20 Tahun 2003, Kabid Penmad menyampaikan bahwa pendidik mempunyai tugas dan fungsi untuk mencerdaskan anak-anak bangsa dan mempu mewujudkan peserta didik yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Oleh sebab itu, pendidik perlu mengembangkan kompetensi dan professional untuk menjamin kualitas pembinaan karir Kementerian Agama,” imbuh Slamet Abadi saat memberikan laporan kegiatan.





Majalah
MAJALAH AKRAB EDISI 3 TAHUN 2022
MAJALAH AKRAB EDISI 3 TAHUN 2022
Info Grafis
UPG Kanwil DKIM Jakarta
UPG Kanwil DKIM Jakarta
Renungan
    “Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah, dan setiap orang yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. (QS. At-Taghabun: 11)
    Yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran (yang kau jalani), yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit" (Ali Bin Abi Thalib)
    Kematian adalah sebuah keniscayaan yang begitu dekat." Dimanapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggidan kukuh". ( QS. An-Nisa: 78)
    "Dan janganlah kamu mengatakan orang-orang yang terbunuh di jalan Allah (mereka) telah mati. Sebenernya (mereka) hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya ( Al Baqarah : 154)
    Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya. HR. Bukhari
    " Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah." --Ibnu Hibban dalam sahihnya 3/255---
    “Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang ruku’, yang sujud, yang menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu.” [At-Taubah: 112]
    " Ujian yang menimpa seseorang pada keluarga, harta, jiwa, dan anak tetangganya bisa dihapus dengan Puasa, Shalat, Sedekah, dan Amar Ma'ruf Nahi Mungkar" ( HR.Al Bukhari dan Muslim)
    “Sesungguhnya Kami melihat engkau tergolong sebagai oranng-orang yang berbuat baik.” [Yusuf: 36, 78]
    " Allah memberikan keistimewaan untuk empat bulan haram di antara bulan-bulan yang ada dan diagungkan kemuliaannya bulan itu dan menjadikan dosa yang terbuat serta amal ibadah yang dilaksanakan menjadi lebih besar ganjaran dosa dan pahalanya" Tafsir al Thabari 14/238
    " Allah akan berikan pahala itu bagi orang yang membangun rumah Allah di muka bumi walaupun seperti sarang burung" HR Ibnu Majan 738 ----" Sedekahlah tiap hari walau sedikit"-------
    " Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi" ( Al Araf 7: 23)
Video
Dialog Kerukunan Dengan Tokoh Agama Islam
Dialog Kerukunan Dengan Tokoh Agama Islam