Berita

Rakor Penyaluran BOS dan PIP, Kakanwil Ingatkan Komitmen 3S dan 5T

2018-04-17 08:16:44



Bogor (Inmas) ---- Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta mengadakan rapat kordinasi penyaluran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Program Indonesia Pintar Tahun 2018, di Bogor, Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab mengingatkan tentang komitmen 3S dan 5T dalam pengelolaan BOS dan PIP.

“Untuk mewujudkan efektifitas pelaksanaan program BOS dan PIP di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, mari sama-sama kita bangun komitmen untuk menjadi lebih baik dengan motto 3S dan 5T,” ujar Kakanwil, Senin (16/04).

Yang dimaksud dengan 3 S menurut Kakanwil adalah : 1) Sukses Pencairan, 2) Sukses Administrasi dan 3) Sukses Selamat. “Jadi pencairannya pas, sesuai dengan prosedur tentunya administrasi juga pas. Administrasi persyaratan dan kelengkapannya.  Dana BOS itu ada juknisnya , untuk apa dan seterusnya dan terakhir selamat artinya tidak ada persoalan,” kata Kakanwil.

Sementara yang dimaksud dengan 5 T, adalah 5 Tepat. 1)Tepat waktu; 2)Tepat sasaran; 3) Tepat jumlah; 4) Tepat penggunaan; dan 5) Tepat prosedur. Menurut Kakanwil, untuk memenuhi lima ketepatan tersebut, pengelola anggaran BOS dan PIP perlu memahami petunjuk teknis (juknis) yang ada.

“Saya berkeyakinan bila juknis dipahami kata perkata, saya yakin didalam pelaksanaannya atau nanti pencairannya tidak ada persoalan,” imbuh Kakanwil.

Sementara Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Karsa Sukarsa yang turut mendampingi Kakanwil menyatakan bahwa kegiatan rapat koordinasi bertujuan untuk memberikan arahan, penjelasan dan pemahaman tentang penyaluran dana BOS dan PIP pada madrasah di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta. “Kita berharap operator madrasah dapat memahami dan melaksanakan mekanisme BOS dan PIP sesuai dengan buku panduan teknis BOS dan PIP tahun 2018. Dan siswa dapat memperoleh layanan pendidikan dasar yang lebih bermutu sampai tamat, dalam rangka penuntasan wajib belajar,” ujar Kabid Penmad.

Tampak hadir dalam kegiatan  ini Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi  Arif Maulana dan Kepala Seksi Kesiswaan Viola Cempaka, serta di ikuti 110 orang peserta terdiri dari JFU Penmad Kota 5 orang, JFU Pendis Kab. Kep. Seribu 1 orang,  Operator MIN 12 orang, Operator MIS 20 orang, Operator MTsN 17 orang, Operator MTs Swasta 17 orang, Operator MAN 15 orang MA Swasta 21 orang dan Kanwil 2 orang./s79/ilm