Berita

Hadiri HAB Ke-72, Gubernur DKI : Kemenag Garda Terdepan Kehidupan Beragama

2018-01-03 04:33:28



Jakarta (Inmas) --- Agama adalah bagian dari kehidupan bangsa Indonesia. Kementerian Agama, memiliki tugas penting untuk menjadi garda terdepan kehidupan beragama bangsa Indonesia. Demikian disampaikan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan kepada media usai memimpin upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke – 72 Kementerian Agama (Kemenag).

“Kita menyadari benar, bahwa agama adalah bagian dari kehidupan bangsa Indonesia. Dan kehidupan beragama harus dirawat, ditumbuhkan, dikembangkan,” kata Anies, di Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, Rabu (03/01). Turut mendampingi Anies, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta. 

 

Menurut Anies,  bangsa Indonesia patut bangga memiliki Kementerian Agama. “Negara Indonesia merupakan negara pertama yang memiliki kementerian di bidang agama, begitu ditulis Pak Menag dalam sambutannya,” kata Anies. Oleh karena itu, menurut Anies peran Kemenag yang hari ini tepat berusia 72 tahun, menjadi  penting bagi kelangsungan hidup berbangsa di Indonesia. Hal ini amat relevan dengan tema HAB ke-72 kali ini, yakni “Tebarkan Kedamaian”.

 

Anies pun berharap negara  hadir dalam setiap kegiatan bagi warganya, termasuk kegiatan di bidang agama. “Saya berharap kegiatan keberaagamaan mendapatkan fasilitas yang sama dengan kegiatan-kegiatan yang lain. Negara hadir memfasilitasi semua, baik kegiatan sosial, kegiatan ekonomi, kegiatan politik, kegiatan budaya, kegiatan pendidikan termasuk kegiatan agama,” harap Gubernur Provinsi DKI Jakarta. 

 

Memfasilitasi kegiatan bidang agama, juga menjadi komitmen Anies dalam menjalankan roda pemerintahan di Ibukota. “Di Jakarta kita ingin semua kegiatan dapat difasilitasi oleh pemerintah. Indonesia, negara berdasarkan pancasila. Dan sila pertama kita adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, di situlah pegangan, rujukan, mengapa kita semua sebagai pemerintah memberikan hak dan kesempatan yang sama kepada semua bidang, termasuk di bidang keagamaan,” tegas Anies.

 

Menutup perbincangan, Anies mengucapkan selamat HAB ke – 72 kepada Kementerian Agama RI, khususnya seluruh jajaran Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta. “Semoga tugas bapak ibu di Kementerian Agama  dapat dilaksanakan dengan baik, selamat kepada Bapak Ka Kanwil juga  beserta jajarannya,” ucap Anies. 


Upacara peringatan HAB ke-72, selain diikuti oleh ribuan ASN Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, juga dihadiri oleh tokoh  masyarakat. Diantaranya, Anggota DPR RI Komisi VIII Fauzan Harun, Ketua Majelis Ulama DKI Jakarta Syarifudin Abdul Ghani, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama DKI Jakarta Ahmad Syafii Mufid bersama para tokoh majelis agama, dan para Purna Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta. Ketua Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Jakarta Komaria beserta jajaran pengurus DWP pun tampak hadir dalam upacara. (ilm)