Berita

Anies Jadi Inspektur Peringatan HAB ke - 72 di Kanwil Kemenag Jakarta

2018-01-03 03:19:33



 

Jakarta (Inmas) --- Gubernur  Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 Kementerian Agama (Kemenag).  Anies hadir di Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta sekitar pukul 07.20 WIB di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur. Turut hadir mendampingi Anies Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab.

Dihadapan ribuan aparatur sipil negara (ASN) Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Anies membacakan pidato resmi Menteri Agama RI.  Dalam sambutannya, disampaikan bahwa  pada 3 Januari 1946, Kementerian Agama resmi berdiri sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan. “Pada hari itu pula Indonesia mengukuhkan sebagai negara yang pertama kali memiliki kementerian di bidang agama,” ujar Anies, Rabu (03/01).
 

Dalam peringatan HAB Ke-72 bertema “Tebarkan Kedamaian” ini, Anies pun mengajak ASN Kemenag untuk dapat lebih menjiwai tugas dan fungsi Kementerian Agama. “Pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan kita,” kata Anies.
 

Membacakan amanat Menteri Agama, Anies menekankan agar ASN Kemenag memiliki kepekaan terhadap masyarakat, dan bekerja dengan skala prioritas. "Marilah kita latih kepekaan agar lebih memahami persoalan riil di masyarakat  sehingga dapat menentukan prioritas kerja. Dalam bahasa agama, langkah ini dikenal dengan istilah taqdimul aham min almuhim, dahulukan yang terpenting daripada yang penting,” lanjutnya.
 

Anies juga meminta pegawai Kemenag untuk terus berinovasi dengan perkembangan zaman. Sesuai amanat Menteri Agama, pelayanan Kemenag kepada warga diharapkan meningkat setiap tahunnya. "Kita harus bisa berinovasi, jangan sampai dianggap mesin tua yang usang,” imbaunya.  

Usai memimpin upacara, Anies beserta undangan dan ASN Kanwil Kemenag Jakarta  menyaksikan penampilan Kopasus Cilik. 40 siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Cijantung yang telah dilatih langsung oleh Komando Pasukan Khusus Tentara Nasional Indonesia (Kopasus TNI), menampilkan atraksi baris berbaris dan bela diri. Para undangan tampak terkesan pada penampilan Kopasus Cilik,  yang ditutup dengan atraksi panah untuk  menerbangkan balon warna-warni dengan membawa pesan "Tebarkan Kedamaian" ke udara.

“Saya mengucapkan selamat atas HAB yang ke-72 Kementerian Agama ini.  Semoga tugas Bapak Ibu di bidang keagamaan dapat dilaksanakan dengan baik, Selamat kepada Bapak Ka Kanwil juga  beserta jajarannya,” ujar Anies saat ditemui usai memimpin upacara.
 

Upacara Peringatan HAB ke- 72 di Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta juga dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat.  Diantaranya, Anggota DPR RI Komisi VIII Fauzan Harun, Ketua Majelis Ulama DKI Jakarta Syarifudin Abdul Ghani, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama DKI Jakarta Syafii Mufid bersama para tokoh majelis agama, dan para Purna Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta. (ilm)