Berita

Pengajian Kitab Kuning Jumat Pagi :Anjuran Membaca Ayat Kursi

2018-08-10 16:27:03



Jakarta (Humas MAN 19 Jakarta) --- Seperti biasa Jumat pagi pukul 06.30 WIB, seluruh peserta didik MAN 19 Jakarta berkumpul di lapangan MAN 19 Jakarta, duduk bersila dengan rapi dengan kitab kuning “Al-Ushfuriyah” di tangan mereka. Jumat (10/08).

Diawali pembacaan tahlil dan doa yang dipimpin oleh siswa, menambah khusyuk suasana.

Kali ini akan membahas Bab 23 yaitu tentang anjuran membaca Ayat Kursi. Menurut hadist yang diriwayatkan oleh Anas ibn Malik bahwa apabila kita membaca ayat kursi 12 kali pada hari Jumat, kemudian berwudhu dan sholat sunnah Fajar maka Allah akan lindungi kita dari kejahatan syaiton dan kedudukan orang itu sama dengan orang yang membaca Al-Qur’an tiga kali dan dimahkotai dengan cahaya yang menerangi seluruh penduduk bumi.

Menurut H. Abdullah, salah seorang pengisi pengajian kitab kuning hari Kamis mengatakan bahwa kitab Al-‘Ushfuriyah’ ini memberikan banyak motivasi terutama masalah ibadah dan berbakti kepada orang tua, contohnya saja mengirim doa kepada orang yang sudah meninggal.

 

“Pengajian ini bagus sekali. Bagi kita yang bekerja dari pagi sampai sore baru pulang, belum tentu ada kesempatan untuk mengikuti pengajian seperti ini.” Alhamdulillah dengan adanya pengajian seperti ini tambahlah ilmu agama kita,” ujar Diyah, salah seorang guru Bahasa Indonesia./humas/fh