Berita

Kakanwil : Tingkatkan Tali Silaturahmi Dan Kinerja Dalam Momen Menyambut Hari Raya Idul Fitri

2018-06-14 20:05:07



 

Jakarta (Inmas) – Mulai besok, umat muslim di Tanah Air sudah tidak lagi berpuasa. Umat muslim akan menunaikan Salat Id secara bersama.


Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan rasa syukur karena tahun ini umat Muslim Indonesia bisa memasuki satu Syawal dalam kebersamaan. Dia mengajak semua pihak untuk terus menjaga dan memelihara kebersamaan sehingga energi positif dan potensi umat bisa dioptimalkan untuk kemaslahtan bersama.


“Atas nama Menteri Agama, saya menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh umat muslim di Tanah Air di manapun berada,” tutur Menag.


“Mudah-mudahan kita semua diberkahi Allah. Mampu kembali ke jati diri kemanusian dan kita tergolong orang yang menang yang mampu mengendalikan hawa nafsu kita,” harapnya.


Menurut Kakanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab usai mengikuti Sidang Isbat, bahwa sidang isbat ini tidak bisa terpisahkan dari pemerintah dalam memberikan penentuan bulan Qamariyah. “Terutama Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah”, ujarnya.


Saiful Mujab juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan bathin semoga bisa memberikan satu sinergi untuk meningkatkan tali silaturahmi dan meningkatkan kinerja.


Sebelum Sidang Isbat, peserta sidang mendengarkan paparan posisi hilal dari seluruh wilayah Tanah Air dan di beberapa negara yang dipaparkan oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya. Sidang ini dihadiri Duta Besar negara sahabat, utusan dari Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama./MM /fh.