Berita

Kakanwil : Kecermatan, Ketelitian Dan Ketepatan Merupakan Salah Satu Perencanaan Pembuatan RPP

2018-06-07 15:00:13



Jakarta (Inmas) – Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab hadiri workshop Pembuatan rencana pembelajaran bagi guru agama buddha di Jakarta. Kegiatan ini mengambil tema kita wujudkan guru yang kreatif, inovatif dan professional. Kamis (07/06).


“Kegiatan ini untuk menyamakan persepsi dalam menuangkan Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) dikalangan guru pendidikan agama buddha se DKI Jakarta”, ujarnya dihadapan 50 peserta.


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan ruh dalam sistem pembelajaran, dimana akan terjadi interaksi antara guru dan peserta didik. “Jangan sampai RPP hanya sebagai alat atau kewajiban semata”, imbuhnya.


Kakanwil mengajak pembimas dan seluruh peserta agar rencana pelaksanaan pembelajaran betul – betul dilihat, diteliti kata per kata. “Sehingga alur pembelajaran sudah mulai kelihatan akan mengarah kemana dan menjadi paham”, Kata Kakanwil.


Dalam Kebijakannya, Kementerian Agama menggunakan kurikulum 13 berbasis tema yang dikaitkan dengan pendidikan agama. “Dari mulai umum hingga metode harus betul – betul menyampaikan hingga paham”, tutur saiful mujab.


Tahap dalam membuat RPP, guru melaksanakan perencanaan dalam mentransfer kegiatan proses belajar mengajar dan  diakhiri dengan melakukan evaluasi. “Dalam penyusunan disesuaikan dengan kondisi sekarang seperti kecermatan , ketelitian ketepatan”, ujar Kakanwil


Pelaksanaan tenaga pendidik mulai perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Kakanwil menggaris bawahi bahwa pendidikan agama tidak bisa dinilai dengan angka.


“Yang terpenting pola, sikap perilaku dan empat kompetensi guru melekat ditambah dengan keteladanan”,ujar Saiful Mujab.


“Karena seorang guru agama menjadi teladan yang dapat mengajarkan sikap dari yang tidak benar menjadi benar”, tambahnya.


Tampak dihadiri Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Suwanto, Penyelenggara Buddha Kemenag Kota Jakarta Barat Suratman. /S.79 /fh.