Berita

Berkunjung ke Lapak Pemulung Binaan RPK, Kakanwil : Ini Kerja Nyata Penyuluh

2018-06-03 15:45:22



Jakarta (Inmas) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab mengunjungi lapak pemulung di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. Lapak pemulung ini merupakan salah satu lapak binaan Rumah Penyuluhan Kreatif (RPK), komunitas yang digagas oleh penyuluh agama di Kecamatan Cilandak. 



"Saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi, ini sebuah kerja nyata sebagai penyuluh di kawasan Cilandak," ujar Kakanwil, Minggu (03/06). 


Menurut Kakanwil, apa yang dilakukan oleh RPK merupakan satu bukti bahwa penyuluh itu ingin memberikan binaan kepada masyarakat secara luas dan tidak terbatas. Kakanwil pun menuturkan bahwa pihaknya senantiasa mengingatkan para penyuluh agama untuk mengoptimalkan tiga fungsi penyuluh agama. Yakni, fungsi edukasi, fungsi konsultasi, serta fungsi advokasi atau pendampingan.

 

Pada fungsi edukasi, penyuluh agama memainkan peran sebagai juru dakwah atau dai yang mengajak masyarakat untuk berubah ke arah yang lebih baik. Sementara fungsi konsultasi menjadikan penyuluh agama sebagai tempat untuk bertukar pikiran untuk menyelesaikan masalah-masalah kehidupan. Fungsi ketiga yakni fungsi advokasi menurut Kakanwil dilakukan penyuluh pada komunitas-komunitas rentan yang ada pada masyarakat.


"Turunnya penyuluh di wilayah masyarakat marginal semacam ini, menjadi bukti bahwa penyuluh di DKI Jakarta siap melaksanakan tiga fungsi penyuluh agama tersebut" ungkap Saiful Mujab. 


RPK saat ini memiliki tiga kelompok binaan yang merupakan kaum marginal. Selain lapak pemulung di kawasan Cilandak, RPK juga membina lapak pemulung di kawasan jalan Margasatwa, dan para penghuni panti Werda di daerah Pondok Indah Jakarta Selatan. 


Kakanwil berharap pembinaan kepada masyarakat semacam ini juga dapat dilakukan di daerah-daerah lainnya. "Saya kira di masing-masing kota sudah ada kelompok penyuluh yang memiliki kelompok binaan khusus seperti RPK ini," imbuhnya.


Kakanwil menceritakan, di kota Jakarta Timur misalnya, para penyuluh agama secara khusus melakukan pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan. "Baik di Lapas Perempuan Pondok Bambu maupun Lapas Cipinang. Bahkan di Lapas Khusus Narkotika Cipinang, penyuluh agama kita secara khusus, telah mengelola pesantren khusus narapidana yang dibangun di dalam Lapas," kata Kakanwil.


Kakanwil mengaku terus mendorong para penyuluh agama di DKI Jakarta untuk dapat terjun langsung sehingga memberikan dampak nyata bagi kehidupan keagamaan masyarakat di DKI Jakarta. Oleh karena itu, Kakanwil berharap penyuluh yang ada di DKI Jakarta mampu membuat pemetaan masyarakat di wilayah kerjanya. "Dia harus hafal berapa majelis taklim, berapa masjid, dan berapa binaan yang lain.Dia harus tau mana yang perlu menjadi perhatian khusus dan seterusnya," pesan Kakanwil. 

 

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Kakanwil pun menyempatkan diri untuk berdialog serta memberikan tausiyah bagi warga Kampung Pemulung Cilandak. Usai berikan tausiyah Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta H Saiful Mujab serahkan secara simbolis  217 paket sembako yang berasal dari para donatur RPK. 


Turut mendampingi Kakanwil dalam kunjungan, Ketua Dharma Wanita Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Komaria Saiful  Mujab, Kepala KUA Cilandak, penyuluh agama pada Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan, serta para relawan RPK. /fk/ilm