Berita

Tingkatkan Kesadaran Pengelolaan Zakat, Kemenag DKI Laksanakan Workshop Literasi Zakat

2018-05-16 14:47:14



Jakarta (Inmas) --- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk meningkatkan pengelolaan zakat. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengadakan Workshop Literasi Zakat bagi 70 pengumpul zakat (amil) di lingkungan Kanwil Kemenag DKI Jakarta.

 

Demikian disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab saat menutup kegiatan Workshop Literasi Zakat di Jakarta. Workshop tersebut  diikuti oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Syariah pada enam Kantor Kementerian Agama Kota/Kabupaten dan pengumpul zakat pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN).

 

“Literasi itu kan sangat luas. Bukan semata-mata  hanya membaca  saja,” kata Kakanwil, Rabu (16/05).

 

Menurut Kakanwil, makna literasi zakat  adalah kemampuan untuk paham akan makna zakat dan mengamalkan praktek zakat tersebut. Pada ASN misalnya, Kakanwil berharap  peningkatan literasi zakat akan berdampak pula pada kesadaran untuk membayar serta mengelola zakat dengan baik.

 

Ke depan, Kakanwil berharap pengelolaan zakat di DKI Jakarta khususnya dapat meningkat. “Potensi zakat di DKI ini sangat bagus. Karena sebagai ibukota, banyak lembaga maupun institusi yang berada di kota ini. Kesadaran pentingnya zakat ini yang perlu dibangun,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut, Kakanwil berharap peran amil zakat dalam pengelolaan zakat di Kanwil Kemenag DKI Jakarta ini akan semakin baik dengan adanya workshop literasi zakat. “Orientasi pengelolaan zakat oleh amil, harus mengarah bagaimana para amil dapat meningkatkan kapasitas para mustahik (penerima zakat) agar tidak selamanya menjadi mustahik. Tapi bagaimana mereka dapat diberdayakan sehingga nantinya mampu menjadi muzaki (pemberi zakat),” pesan Kakanwil usai menutup kegiatan Workshop Literasi Zakat. /IK/ilm