Berita

Rencana Tarawih Bersama di Monas, Kanwil Kemenag Siap Sinergi dengan Pemprov DKI Jakarta

2018-05-16 11:50:36



Jakarta (Inmas) --- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana akan melaksanakan Tarawih Bersama, yang diperkirakan akan diikuti oleh 30.000 jemaah. Untuk itu Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta menyatakan siap bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta.


Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab saat melakukan rapat kordinasi dengan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah di Ruang Rapat I Sekretaris Daerah Prov. DKI Jakarta, Jakarta.


“Kami siap mendukung kegiatan tarawih bersama tersebut,” ujar Saiful Mujab, Rabu (16/05).


Salah satu bentuk dukungan yang akan diberikan oleh Kanwil Kemenag DKI Jakarta adalah melakukan pengukuran arah kiblat untuk pelaksanaan tarawih bersama yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 10 Ramadhan 1439 H atau bertepatan dengan tanggal 26 Mei 2018.


“Diperlukan pengukuran arah kiblat agar shaf benar dan terarah,” imbuh Mujab terkait teknis pelaksanaan tarawih bersama yang akan dilaksanakan tanpa ceramah atau kultum.


Dalam rakor yang merupakan rapat koordinasi lanjutan terkait pelaksanaan Ibadah Tarawih Keliling tersebut,  juga dibicarakan pembagian tugas bagi seluruh stakeholder yang terlibat. Sekurangnya terdapat  35 SKPD/UKPD  maupun ormas yang terlibat dalam pelaksanaan tarawih keliling dan tarawih bersama tersebut.


Masing-masing SKPD/UKPD maupun ormas, menerima tugas tertentu yang dibagikan oleh panitia penyelenggaran.  Kanwil Kementerian Agama Prov DKI Jakarta mendapat tugas  mensosialisasikan kegiatan tarawih bersama dan mengundang para ulama dan tokoh agama serta menteri agama dan pejabat terkait.


Turut hadir perwakilan Kodam Jaya, perwakilan Polda Metro Jaya, Ka.Kanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta, perwakilan Perangkat Daerah pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan perwakilan ormas dan lembaga keagamaan di DKI Jakarta. /baz/ilm