SATURDAY, 20 APR 2019

RAPAT INTERN KUA KECAMATAN KEPULAUAN SERIBU UTARA DI AWAL TAHUN 2019




Pulau Harapan (InmasP1000) Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Dudun Syaepul Hudri mengadakan rapat intern di awal tahun 2019 (11/01).
Dalam rapat tersebut, Kepala KUA menyampaikan review kegiatan di tahun 2018 dan perencanaan di tahun 2019 serta bagaimana menggolkan visi misi dan sekaligus menjadikan KUA sebagai posisi terdepan dalam pembinaan umat, terkait dalam perkawinan matupun pelayanan lainnya, tegas Dudun.
Dudun memberikan apresiasi kepada seluruh JFU/Pegawai KUA yang telah mendukung/melaksanakan program dan kegiatan di tahun 2018 dengan baik, untuk kedepannya harus lebih baik.
Pencapaian di akhir tahun 2018  adalah terlaksananya program-program KUA, baik dibidang pelayanan administrasi pernikahan maupun pembinaan masyarakat seperti pembinaan kepada siswa-siswi di MAN KJ I Pulau Harapan tentang bimbingan perkawinan pra nikah remaja usia nikah, kata dudun.
Kantor Urusan Agama Kecamatan Kepulauan Seribu telah melaksanakan pencetakan Kartu Nikah sesuai Surat Edaran Dirjen Bimas Islam No. B. 047/D.J.III/P.01/01/2019 tanggal 7 Januari 2019 tentang Pemberian Kartu Perkawinan, pencetakan Kartu nikah perdana dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 12 Januari 2019 atas nama Angga Saputra dengan Sumeti, ujar Dudun.
Kendala pelaksanaan Perkawinan di pulau adalah kondisi cuaca alam jika pelaksanaan perkawinan diluar kantor dan harus menyebrangi antar pulau (Pulau yang berada di tiga kelurahan; Pulau Panggang, Pulau Kelapa dan Pulau harapan), kata Dudun.
Dudun menyampaikan masih adanya pernikahan siri di Kepulauan Seribu disebabkan usia nikah dibawah umur dan telah mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa mereka yang nikah dibawah umur dapat dinikahkan oleh petugas KUA dengan ketentuan sudah mendapatkan surat dispensasi dari pengadilan agama.
Pada tahun 2019 ini, sambung dudun; KUA kecamatan Kepulauan Seribu Utara bertekad untuk terus berinovasi dan meningkatkan kinerja agar terwujudnya masyarakat Kepulauan Seribu yang agamais dan berakhlakul karimah. ant


Dibaca: 67 kali