TUESDAY, 18 DEC 2018

Pembinaan Karakter Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Ka.Kanwil: Tingkatkan Komitmen Membangun Madrasah Hebat Bermartabat


Admin 21 Sep 2018, 16:10


 

Jakarta(Inmas) – Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov. DKI Jakarta Saiful Mujab didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Sadirin dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Nur Pawaidudin membuka kegiatan Pembinaan Karakter Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah di Sukabumi, Jawa Barat, Rabu(19/9).

Peserta sebanyak 128 orang dari unsur Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kab/Kota, Kepala Madrasah Negeri / Swasta, Pokjawas dan para JFU Kanwil Kemenag DKI Jakarta.

Menurut Kabid Penmad Nur Pawaidudin, pembinaan karakter melalui Super Camp dan outbound merupakan rekayasa simulasi kehidupan yang kompleks, yakni aktifitas didalamnya merupakan bentuk sederhana dengan menggunakan eksperimental dimana tiap individu akan berkesempatan menangkap esensi dan menangkap langsung dari setiap fenomena dimana kegiatan ini dilakukan dengan penuh kegembiraan yang sarat akan makna simbolik.

“Karakter yang akan dibangun adalah tingkat kepercayaan diri dan optimisme yang tinggi, adaptif, inisiatif, keingintahuan, kreatif, analitis, pro aktif, kepekaan, kemempuan, kesabaran, semangat kebersamaan dan menjalin persaudaraan diantara peserta” tambahnya.

Sejalan dengan kegiatan pembinaan karakter yang dilaksanakan, Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta memberikan tiga pesan kepada para peserta yaitu pertama, kegiatan ini mari kita sama-sama berkomitmen yang tinggi untuk mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat. Kedua, pola yang diterapkan dalam akademik dan manajerial betul-betul berinovasi didalam tugas kesehariannya, karena inovasi merupakan bagian dari 5 (lima) Budaya Kerja Kementerian Agama, dan ketiga, dalam melaksanakan tugas sehari-hari merasa memiliki dan dimiliki oleh lembaga, dengan adanya rasa kecintaan tersebut kita akan bekerja maksimal.

Kegiatan pembinaan karakter guru dan tenaga kependidikan sekaligus melepas Karsa Sukarsa yang telah menjadi Kepala Biro pada IAIN Kudus dan Kasi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan H. Hirman yang memasuki masa pensiun.

“kepada Pak Hirman, saya juga mohon maaf lahir bathin dan saya ucapkan terima kasih telah berkarya di Kementerian Agama, telah menjalankan dengan dedikasi tinggi semoga apa yang telah dilakukan Pak Hirman selama menjadi ASN di lingkungan Kementerian Agama menjadi ibadah” tutur Saiful.


Dibaca: 119 kali