Melalui Virtual, MAN 17 Jakarta Adakan Kajian Kitab Safinatun Najah


MAN 17 JAKARTA 29 Apr 2021, 11:46


Jakarta (Humas MAN 17 Jakarta) --- Kitab Safinah secara umum memuat pengetahuan tentang agama islam secara mendasar yang akan menjadi modal bagi siswa MAN 17 Jakarta sebagai pengantar untuk mendalami ilmu agama islam secara benar dan juga untuk belajar pondasi ilmu fikih dalam kehidupan sehari-hari,

Hal itu disampaikan Kepala MAN 17 Jakarta, Ahmad Saifullah melalui virtual, Kamis (29/4).

Dalam kajian kitab tentang wudhu, Abdul Rosyid menjelaskan bahwa yang membatalkan wudhu ada empat hal yaitu keluar sesuatu (buang angin/kotoran) dari kemaluan depan atau belakang, hilang akal dengan sebab tidur, bersentuhan kulit laki dan perempuan bukan mahram dan menyentuh kemaluan depan atau belakang dengan tapak tangan atau jari tangan.

“Kitab safinatun najah merupakan fondasi ilmu fiqih untuk beribadah dalam keseharian kita, sehingga perlu didalami,” ungkap Abdul Rosyid usai memberikan kajian.

Menurut Auri yang duduk kelas X mengungkapkan bahwa belajar kitab safinah sangat penting sebagai pondasi ilmu fikih dalam melaksanakan ibadah kita sehari – hari.

“Apalagi tentang bab wudhu yang merupakan salah satu syarat sahnya sholat dan diterima Allah SWT,” jelasnya.

Sebelum kajian dimulai, para peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan melaksanakan pembiasaan Ramadhan dengan tadarus yang dibantu oleh anak OSIS mulai pukul 07.15 sampai 08.15 WIB.

Dan di akhir kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab tentang bab berwudhu. L/S


Dibaca: 58 kali



Majalah
AKRAB
AKRAB
Info Grafis
Pendaftaran akun LTMPT 2021
Pendaftaran akun LTMPT 2021
Renungan
" Bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Al Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan batil)" QS. Al Baqarah 185.
Video
Marhaban Ya Ramadhan
Marhaban Ya Ramadhan