Kolaborasi Mata Pelajaran, Siswa MAN 9 Jakarta Hasilkan Sayuran Siap Panen




Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) – Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta berhasil menyelesaikan proyek metode pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dengan judul “Analisis Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Sawi Hijau dan Bayam Merah Menggunakan Metode Hidroponik”.

Proyek yang dimulai pada November 2022 ini merupakan kolaborasi antara pelajaran Biologi dan Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) dengan menghasilkan sayuran hasil panen yang dapat diolah guru dan peserta didik.

Selaku guru PKWU Sri Rahayu menjelaskan bahwa MAN 9 Jakarta saat ini memiliki program “SARMA (SARapan bersaMA)” sebagai program di bawah pendampingan NGTS (Nutrition Goes To School) Seameo Recfon.

“Dalam kompetensi dasar PKWU Kelas XII memang terdapat kompetensi budi daya, sehingga bisa berkolaborasi dengan Biologi,” ujarnya.

Sedangkan Guru Biologi, Tinia Leyli Shofia Ahmad mengatakan bahwa orang tua siswa sangat mendukung kegiatan ini, “Orang tua peserta didik mendukung mulai dari pendanaan sampai kegiatan makan bersama. Ada yang mengirimkan nasi, lauk, kue dan minuman sebagai pelengkapnya,” tuturnya.

“Proyek Biologi ini merupakan implementasi dari model pembelajaran PjBL (Project Based Learning). Di awal kegiatan mereka membuat proposal yang di dalamnya terdapat time line. Setiap pekan saat KBM, siswa menyampaikan perkembangan proyeknya. Jika ada kendala, dicari solusinya,” sambung Tinia.

Dalam proyek ini, peserta didik berkolaborasi mempelajari banyak hal. Mulai dari membuat proposal, mengajukan dan mempertahankan ide dan gagasan, berkoordinasi, bertanggung jawab dan siap menanggung konsekuensi, mengelola pekerjaan, merawat sayuran, mengukur pertumbuhannya, hingga sampai memetik hasil panen.

“Seluruh siswa bekerja sama untuk menyukseskan proyek ini. Salut untuk Tim Perawatan yang sudah berjuang menjaga, merawat, bertanggung jawab, hingga proses panen,” ujar Aura selaku Ketua Proyek.

“Kami bangga dapat melakukan yang terbaik dan sukses sampai akhir. Ini semua tak lepas dari bimbingan guru, dan dukungan orang tua kami. Semoga keberhasilan ini menjadi pembuka sukses kami ke depannya,” harap Aura.


Dibaca: 291 kali



Majalah
MAJALAH AKRAB EDISI 4 TAHUN 2022
MAJALAH AKRAB EDISI 4 TAHUN 2022
Info Grafis
Dana Nilai Manfaat
Dana Nilai Manfaat
Renungan
    Kematian adalah sebuah keniscayaan yang begitu dekat." Dimanapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggidan kukuh". ( QS. An-Nisa: 78)
    " Ujian yang menimpa seseorang pada keluarga, harta, jiwa, dan anak tetangganya bisa dihapus dengan Puasa, Shalat, Sedekah, dan Amar Ma'ruf Nahi Mungkar" ( HR.Al Bukhari dan Muslim)
    "Dan janganlah kamu mengatakan orang-orang yang terbunuh di jalan Allah (mereka) telah mati. Sebenernya (mereka) hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya ( Al Baqarah : 154)
    " dari Aisyah r.a ia berkata, aku tidak pernah melihat Rasulallah SAW melaksanakan puasa sebulan penuh kecuali Bulan Ramadhan (Puasa Wajib), dan aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW memperbanyak puasa sunnah kecuali pada bulan Sya'ban " (HR.Bukhari Muslim)
    " Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah." --Ibnu Hibban dalam sahihnya 3/255---
    Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya. HR. Bukhari
    " Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi" ( Al Araf 7: 23)
    " Allah akan berikan pahala itu bagi orang yang membangun rumah Allah di muka bumi walaupun seperti sarang burung" HR Ibnu Majan 738 ----" Sedekahlah tiap hari walau sedikit"-------
    “Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang ruku’, yang sujud, yang menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu.” [At-Taubah: 112]
    " Allah memberikan keistimewaan untuk empat bulan haram di antara bulan-bulan yang ada dan diagungkan kemuliaannya bulan itu dan menjadikan dosa yang terbuat serta amal ibadah yang dilaksanakan menjadi lebih besar ganjaran dosa dan pahalanya" Tafsir al Thabari 14/238
    Yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran (yang kau jalani), yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit" (Ali Bin Abi Thalib)
    “Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah, dan setiap orang yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. (QS. At-Taghabun: 11)
    “Sesungguhnya Kami melihat engkau tergolong sebagai oranng-orang yang berbuat baik.” [Yusuf: 36, 78]
Video
Irjen Kemenag RI Faisal Ali Pantau Seleksi Petugas Haji
Irjen Kemenag RI Faisal Ali Pantau Seleksi Petugas Haji