Kedepannya, Tugas KUA Lebih Kompleks Dan Melayani Masyarakat Secara Keseluruhan


Admin 18 Feb 2021, 16:12


Jakarta (Inmas) --- Tugas Kantor Urusan Agama (KUA) kedepannya akan lebih kompleks dalam bidang pelayanan. Dan akan menjadi central kegiatan di masyarakat untuk melayani secara keseluruhan.

Hal ini disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Saiful Mujab saat Pelantikan Kepala KUA Kecamatan sekaligus Pengukuhan/Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dilingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta.

Dalam kesempatan ini, Kakanwil berpesan tiga hal terkait pelayanan pada KUA. Pertama, KUA terus membangun komitmen ditengah kacamatan dan hadir sebagai pelayan keagamaan. “Berikan pelayanan secara menyeluruh,” imbuhnya.

Kedua, Kepala KUA harus melakukan pengawasan terkait pencatatan administrasi dengan benar. “Setiap anggaran harus dilaksanakan secara efektif,transparan,akuntabel dan tanggungjawab,” pesannya. Dan Ketiga, KUa membangun jejaring sosial dilingkungan kecamatan dengan ormas keagamaan untuk mengawal moderasi beragama.

“Karena moderasi beragama merupakan salah satu program yang didorong kemenag dalam mengatasi persoalan – persoalan keagamaan,” jelasnya.

Terkait jabatan kepengawasan madrasah, Kakanwil berpesan untuk melakukan pemetaan Madrasah Aliyah (MA) di wilayahnya untuk mengetahui madrasah yang membuka jurusan agama.

“Jangan terlena pada masalah yang sifatnya praktis untuk Perguruan Tinggi, tetapi basic agamanya tidak ada,” ingatnya.

“Dan seluruh MA diharapkan membuka jurusan agama karena sebagai ciri khas madrasah di DKI,” tambahnya.

Terkait dengan covid 19, Kakanwil minta agar Para Kepala KUA dan Para Pengawas menjadi contoh dalam memberikan serta mengajak dilingkungannya untuk melaksanakan 5M. ”Sebagai ihktiar maksimal dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19,” jelasnya

Kakanwil juga mengingatkan agar seluruh ASN untuk mendukung saat pemberian vaksin Sinovac . Serta memberikan keyakinan pada masyarakat bahwa vaksin sinovac itu halal menurut MUI.

“Mari kita kawal terkait hal tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dan memohon pada Allah SWT agar Covid segera sirna,” ungkapnya.


Dibaca: 80 kali



Majalah
Tim Posko Siaga Covid-19 Kanwil Kemenag DKI Distribustikan 500 Paket Sembako
Tim Posko Siaga Covid-19 Kanwil Kemenag DKI Distribustikan 500 Paket Sembako
Info Grafis
8 Fokus penyempurnaan Kurikulum
8 Fokus penyempurnaan Kurikulum
Renungan
"Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami "(QS.Al-Anbiya:35)
Video
Waktu Subuh Kemenag Kepagian ?
Waktu Subuh Kemenag Kepagian ?