TUESDAY, 15 OCT 2019

Juara Tingkat Kota,Siswa MTsN 32 Jakarta Menatap KSM Tingkat Nasional 2019


MTSN 32 JAKARTA 23 Jul 2019, 11:19


Jakarta (Humas MTsN 32 Jaksel) -- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan event kompetisi antar siswa madrasah dengan seleksi berjenjang. Dimulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi hingga berlanjut di tingkat nasional yang diwakili oleh peserta didik terbaik dari masing-masing provinsi.

Hasil pelaksanaan seleksi tingkat kota Jakarta Selatan yang diselenggarakan pada Sabtu (20/7) di MAN 19 dan MTsN 13 Jakarta, dari 15 orang peserta didik yang dikirim, 3 orang peserta didik MTsN 32 Jakarta berhasil meraih tiket ke tahap berikutnya. Kepastian hal tersebut setelah pihak penyelenggara menyampaikan  pengumuman pemenang pada Selasa (23/7).

Hasil ini disambut baik oleh kepala madrasah, Hj. Makiyah. Alhamdulillah, dari 3 bidang studi yang dilombakan, anak didik kami menjuarai di masing-masing bidang studi tersebut." Ujarnya.

Ketiga peserta didik tersebut adalah: Khusnuzan Fairy Matondang (juara 1 bidang IPS terintegrasi), Muhammad Ezra Ravilino (juara 2 bidang IPA terintegrasi) dan Fauzi Kemal Maulidi (juara 2 bidang Matematika terintegrasi).

Hasil seleksi ini membuka peluang bagi mereka untuk terus bersaing di tingkat provinsi. "Do'akan saja yaa, semoga mereka sampai di tingkat nasional mengikuti jejak para seniornya yang memperoleh medali emas di tahun sebelumnya."

Perjuangan yang berat dan kompetitif diakui oleh salah satu pembimbing KSM MTsN 32 Jakarta, Lia Amalia. "Untuk menuju tahap seleksi provinsi apalagi nasional, tentu harus dilalui dengan kerja keras dan motivasi tinggi. Kita akui berat yaa...mengingat persaingan yang ketat dari para peserta terbaik dari masing-masing madrasah. Tapi kita tetap optimis untuk terus berjuang sepenuh kemampuan yang kita punya." Ungkap Lia.

Berdasarkan juknis KSM 2019 yang dilansir ayo madrasah, seleksi Kompetisi Sains Madrasah untuk tingkat MI, MTs, dan MA diselenggarakan secara berjenjang dengan jadwal atau waktu pelaksanaan sebagai berikut:

KSM Satuan Pendidikan dilaksanakan pada April - Mei 2019

KSM Kabupaten/Kota dilaksanakan pada 20 Juli 2019

KSM Provinsi (CBT) dilaksanakan pada 15 Agustus 2019

KSM Nasional (CBT) dilaksanakan pada 16 -20 September 2019

Peserta yang berhak mengikuti KSM 2019 adalah siswa kelas 4 dan 6 MI/SD, kelas 7 dan 8 MTs/SMP, dan kelas 10 dan 11 MA/SMA pada tahun pelajaran 2018/2019.

Seperti pada pelaksanaan tahun sebelumnya, KSM Tahun 2019 selain diikuti oleh siswa madrasah (MI, MTs, dan MA), terbuka juga bagi siswa di luar madrasah yakni SD, SMP, dan SMA. /Yyt76

 


Dibaca: 145 kali