Hikmah Buku Fondasi Keluarga Sakinah: Bacaan Mandiri Calon Pengantin




Jakarta [inmasJP] – Kepala KUA Gambir, Alex Purnawibawa memberikan pengarahan kepada 30 pasang calon pengantin dalam acara Bimbingan Perkawinan, Senin (26/11). Para calon pengatin itu memperoleh buku Fondasi Keluarga Sakinah: Bacaan Mandiri Calon Pengantin terbitan Ditjen Bimas Islam Kemenag tahun 2017.

 

Isi buku menjelaskan bagaimana cara membangun keluarga yang kokoh dan sakinah, serta bagaimana mengelola perselisihan dan konflik yang timbul dalam keluarga. Buku ini menjadi bacaan wajib bagi calon pengantin agar terwujud fondasi perkawinan yang kokoh, tangguh, dan berkualitas serta tidak berakhir dengan perceraian.    

 

“Untuk mewujudkan keluarga sakinah, para calon pengantin dituntut mengetahui cara membangun keluarga yang kokoh, tangguh, dan berkualitas,” ujar Alex. Hal ini senada dengan tema acara “Mewujudkan Keluarga Yang Sakinah Mawaddah Warohmah serta Terbentuknya Keluarga Yang Kokoh, Tangguh dan Berkualitas”.

 

Mawaddah makna sederhana dari cinta, yaitu perasaan yang melahirkan keinginan untuk membahagiakan dirinya. Dengan mawaddah, maka hatinya akan lapang, penuh dengan harapan, menjauhkan diri dari keinginan buruk, serta senantiasa menjaga rasa cinta di dalam dirinya di kala senang maupun susah.

 

Rahmah bermakna sebagai kasih sayang, yaitu perasaan yang melahirkan keinginan untuk membahagiakan pasangannya. Dengan rahmah, menyebabkan seseorang akan berusaha memberikan kebaikan, kekuatan, dan kebahagiaan bagi pasangannya dengan cara yang lembut dan penuh kesabaran.

 

“Adapun wujud keduanya adalah saling memberi dan mau menerima pada segala yang baik serta segala hal yang akan membawa  kebaikan di masa depan,” tandasnya.  /j15

 

Buku Fondasi Keluarga Sakinah


Dibaca: 2543 kali



Majalah
Majalah Akrab Edisi 4
Majalah Akrab Edisi 4
Info Grafis
PPDB Online MAN 2022-2023
PPDB Online MAN 2022-2023
Renungan
    “Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah, dan setiap orang yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. (QS. At-Taghabun: 11)
    " Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi" ( Al Araf 7: 23)
    “Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang ruku’, yang sujud, yang menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu.” [At-Taubah: 112]
    “Sesungguhnya Kami melihat engkau tergolong sebagai oranng-orang yang berbuat baik.” [Yusuf: 36, 78]
    Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya. HR. Bukhari
    " Ujian yang menimpa seseorang pada keluarga, harta, jiwa, dan anak tetangganya bisa dihapus dengan Puasa, Shalat, Sedekah, dan Amar Ma'ruf Nahi Mungkar" ( HR.Al Bukhari dan Muslim)
Video
Lantik PPIH Embarkasi Jakarta Pondok Gede, Dirjen PHU: Berikan Kesan Mendalam Pada Jemaah Haji
Lantik PPIH Embarkasi Jakarta Pondok Gede, Dirjen PHU: Berikan Kesan Mendalam Pada Jemaah Haji