Godaan Setan Datang dari Kiri, Kanan, Depan, dan Belakang Manusia




Jakarta [inmasJP] –Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sawah Besar, Mustakim, S.Ag memberikan tausiyah bertajuk ‘Waspada Ancaman Setan’, Rabu (25/04). Tausiyah ini disampaikan di Masjid Al Muttaqin setelah Sholat Dhuhur berjama’ah.

 

“Waspadalah terhadap segala ancaman, khususnya godaan setan,” pesannya. Setan mengetahui sifat dan kelemahan manusia dan siap menggoda dari kiri, kanan, depan, dan belakang sehingga kebanyakan manusia tidak bersyukur.

 

Ssesuai dengan janji Iblis dalam Qs Al Hijr ayat 39: Iblis berkata, “Aku akan menjadikan mereka (manusia) memandang indah perbuatan maksiat di muka bumi. Dan pasti aku akan menyesatkan mereka semua kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis”.

 

Mukhlis diartikan muslim yang beramal baik secara ikhlas, yaitu semata-mata karena mencari rohmat Allah. Seorang dengan kualitas mukhlis adalah orang yang hatinya bersih dari keinginan memperoleh pujian atas amalan baiknya.

 

Nabi Muhammad SAW mencontohkan deretan predikat dengan Muslim, Mukmin, Alim (muslim terpelajar), Amil (muslim ahli beramal baik) dan Mukhlis. Semakin banyak kita berharap sesuatu dari Allah maka semakin banyak kita akan mengalami kekecewaan. Maka selain beribadah secara mukhlis maka amal ibadahnya menjadi sia-sia.

 

Qs An Nisa ayat 120 menjelaskan “Setan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka”.

 

“Bukanlah setan bila gampang menyerah kala menggoda,” candanya. Sesungguhnya orang-orang yang sholeh justru mendapatkan godaan yang lebih dahsyat dari orang-orang yang kadar keimanannya masih sedikit.

 

Car-cara yang digunakan setan antara lain menjadikan sesuatu yang mungkar nampak baik, menamai perbuatan maksiat dengan nama-nama yang disenangi, menamai amal baik dengan nama yang tidak disukai, menakut-nakuti dengan angan-angan kemiskinan dan penderitaan, dan menyesatkan secara bertahap.  /j15


Dibaca: 50966 kali



Majalah
MAJALAH AKRAB EDISI 1 TAHUN 2023
MAJALAH AKRAB EDISI 1 TAHUN 2023
Info Grafis
Dana Nilai Manfaat
Dana Nilai Manfaat
Renungan
    “Sesungguhnya Kami melihat engkau tergolong sebagai oranng-orang yang berbuat baik.” [Yusuf: 36, 78]
    " Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi" ( Al Araf 7: 23)
    Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya. HR. Bukhari
    " Allah memberikan keistimewaan untuk empat bulan haram di antara bulan-bulan yang ada dan diagungkan kemuliaannya bulan itu dan menjadikan dosa yang terbuat serta amal ibadah yang dilaksanakan menjadi lebih besar ganjaran dosa dan pahalanya" Tafsir al Thabari 14/238
    Yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran (yang kau jalani), yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit" (Ali Bin Abi Thalib)
    " Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah." --Ibnu Hibban dalam sahihnya 3/255---
    " Ujian yang menimpa seseorang pada keluarga, harta, jiwa, dan anak tetangganya bisa dihapus dengan Puasa, Shalat, Sedekah, dan Amar Ma'ruf Nahi Mungkar" ( HR.Al Bukhari dan Muslim)
    "Dan janganlah kamu mengatakan orang-orang yang terbunuh di jalan Allah (mereka) telah mati. Sebenernya (mereka) hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya ( Al Baqarah : 154)
    Kematian adalah sebuah keniscayaan yang begitu dekat." Dimanapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggidan kukuh". ( QS. An-Nisa: 78)
    “Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang ruku’, yang sujud, yang menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu.” [At-Taubah: 112]
    " Allah akan berikan pahala itu bagi orang yang membangun rumah Allah di muka bumi walaupun seperti sarang burung" HR Ibnu Majan 738 ----" Sedekahlah tiap hari walau sedikit"-------
    “Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah, dan setiap orang yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. (QS. At-Taghabun: 11)
    " dari Aisyah r.a ia berkata, aku tidak pernah melihat Rasulallah SAW melaksanakan puasa sebulan penuh kecuali Bulan Ramadhan (Puasa Wajib), dan aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW memperbanyak puasa sunnah kecuali pada bulan Sya'ban " (HR.Bukhari Muslim)
Video
Irjen Kemenag RI Faisal Ali Pantau Seleksi Petugas Haji
Irjen Kemenag RI Faisal Ali Pantau Seleksi Petugas Haji