SATURDAY, 20 OCT 2018

DKI Jakarta Juara Umum Sippa Dhamma Samajja Nasional VII


Admin 12 Oct 2018, 16:41


Jakarta (Kemenag) --- Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional VII selesai dilaksanakan. Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih juara umum pada ajang yang diikuti oleh 794 pelajar Buddhis dari Sabang hingga Merauke.

Sebagai juara umum, Kontingen DKI Jakarta berhak membawa pulang Piala Bergilir Menteri Agama. "Jujur DKI tidak menyangka akan meraih jadi juara umum. Kami senang sekali dapat membawa piala bergilir Menteri Agama ke DKI Jakarta," ujar Pembimas Buddha DKI Jakarta Suwanto, Kamis (11/10).

Dalam event yang digelar sejak Senin (08/10) lalu, Provinsi DKI Jakarta menurunkan 21 peserta untuk mengikuti empat cabang lomba yang dipertandingkan. Keempat lomba tersebut adalah menyanyi lagu rohani Buddha secara solo (Dhamma Gita), menggambar cerita agama Buddha berdasarkan Tripitaka (Dhamma Vikata), cerdas cermat adu pengetahuan tentang agama Buddha (Dhamma Vija), dan menghafal ayat-ayat Dhammapada.

Dari lomba tersebut, DKI Jakarta berhasil memboyong enam piala, dengan rincian sebagai berikut :
1. Juara I pada : Dhamma Gita tingkat SD dan Dhammapada putri tingkat SMA
2. Juara II pada : Dhammapada putra tingkat SD, Dhammapada putri tingkat SD, dan Dhamma Vijja tingkat SD.
3. Juara III pada : Dhamma Vikata tingkat SMA
4. Juara Harapan I pada : Dhamma Vikata tingkat SMP

Menurut Suwanto, persiapan telah dilakukan oleh Bimas Buddha DKI Jakarta dengan menggandeng banyak pihak untuk mempersiapkan tim yang diturunkan. Ia mengaku telah memberikan pengumuman sejak lama tentang SDS Nasional VII. Dilanjutkan dengan proses seleksi dan pembinaan di tingkat provinsi.

Hal senada juga disampaikan Kakanwil Kemenag DKI Jakarta bahwa, ini merupakan prestasi yang bagus untuk DKI Jakarta.

“Semoga menjadi tanda yang baik untuk kegiatan berikutnya,” ujarnya usai Pelantikan eselon IV dan Kamad di Aula Jayakarya.

Saiful Mujab berharap kehidupan umat beragama dimasing- masing agama khususnya agama buddha semakin baik, semakin berkualitas.

“ Serta sebagai motivasi untuk terus meningkatkan kinerja baik koordinasi dengan lembaga keagamaan dan menyiapakan kader yang baik,” imbuhnya.


Dibaca: 13 kali