MONDAY, 15 OCT 2018

DKI Jakarta Juara Umum MTQ Nasional XXVII


Admin 12 Oct 2018, 22:34


Medan (Inmas) --- Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke 27 tahun 2018 yang berlangsung di Medan, Sumatera Utara. 

Pengumuman juara umum ini dibacakan Ketua Dewan Hakim MTQ Nasional M. Roem Rowi pada malam penutupan di Astaka Utama MTQ Sport Center Jalan Wiliem Iskandar, Kota Medan, Jumat malam (12/10).

Piala Juara Umum MTQ diserahkan Wapres Jusuf Kalla kepada Sekda Provinsi DKI Jakarta. Ikut mendampingi Wapres, Menag Lukman Hakim dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. 

Dalam sambutannya Wapres Jusuf Kalla menyampaikan, dulu pemenang MTQ hanya enam orang yang terdiri dari tiga pria dan tiga wanita yang dilaksanakan setiap bulan Ramdahan.  Ia juga mengapresiasi atas banyaknya peserta MTQ Nasional ke 27 yang berasal dari kawula muda, alias generasi milenial.

"Generasi milenial itu kini tidak lagi ahli internet, mereka juga ahli dan mencintai Alquran. Kalau kita lihat begitu banyak cabang menandakan minat kepada Alquran, apakah membaca, menghafal dan khat, telah menjadi bagian dari pada generasi milenial," ujarnya.

"Makna Alquran bukan sekadar dipertandingkan, melainkan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," pesan Jusuf Kalla.

Berikut peraih juara umum dan 10 besar pada MTQ Nasional ke 27:

Juara Umum  : Provinsi DKI Jakarta
Juara II    : Provinsi Banten
Juara III   : Provinsi Sumut
Peringkat 4 : Kepulauan Riau
Peringkat 5 : Jawa Timur
peringkat 6 : Riau dan Jabar
Peringkat 7 : Aceh
Peringkat 8 : DIY Yogyakarta
Peringkat 9 : NTB
Peringkat 10: Kalimantan Selatan 

 


Dibaca: 78 kali