Dialog Kebangsaan Dan Pentas Seni Budaya Lintas Agama Diapresiasi Tenaga Ahli Menteri Agama




Jakarta (Humas) --- Tenaga Ahli Kementerian Agama, Hassanudin Ali mengapresiasi kegiatan Dialog Kebangsaan dan Pentas Seni Budaya Lintas Agama yang diselenggarakan di Mall. Menurutnya ini merupakan sejarah Kementerian Agama sekaligus sebuah langkah strategis dalam mendekatkan dengan komponen masyarakat.

“Kita sudah mengetahui bahwa warga DKI Jakarta pada Sabtu Minggu kumpulnya di Mall, sehingga menjadi titik central pertemuan warga DKI Jakarta,” ujarnya saat memberikan materi Dialog Kebangsaan.

Lanjutnya, Tenaga Ahli menginginkan kegiatan dialog kerukunan ini dapat dilaksanakan di tiap Kota, sehingga dapat menyesuaikan trend anak – anak muda maupun komunitas umat beragama.

“Kegiatan ini dapat mendekatkan dengan trend anak muda, sehingga Kementerian Agama dapat semakin dekat dengan seluruh komponen masyarakat,” jelasnya.

Terkait Indeks Kerukunan Agama di Wilayah DKI, Hassanudin memaparkan Indeks KUB Provinsi DKI Jakarta meningkat menjadi 72,28. Menurutnya pencapaian ini sangat luar biasa dibandingkan dengan Jawa Barat dan Jawa Timur.

“Mari kita jaga dan tingkatkan toleransi, agar nantinya tahun 2024 yang merupakan tantangan yang berat, kita bisa menjaga indeks toleransi dan indeks kerukunan umat beragama kita,” jelasnya.

Di akhir paparanya, beliau mengingatkan bahwa tercapainya toleransi di tengah kehidupan masyarakat dengan adanya percintaan yang saling mengenal dan saling memahami perbedaan.

“Semakin banyak bunga berwarna – warni, semakin banyak jenis pohon dan tanaman tentunya akan indah saat dilihat,” jelasnya dengan perumpamaan.

“Dan forum ini menjadi bukti bahwa perjumpaan itu membawa kebaikan kita semua,” pungkasnya.

Sedangkan Ketua FKUB DKI Jakarta, Dede Rosyada mengungkapkan bahwa pendiri Bangsa kita tidak mendirikan negara agama, tetapi mendirikan negara Indonesia yang BerBhineka Tunggal Ika.

“Mari kita membangun negara bersama sama dengan adil, sejahtera dengan pilarnya toleransi," ujar Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta.

“Agar kita bisa menjadi negara maju,” tambahnya.

Menurut Rektor UIN Syarif Hidayatullah Periode 2015-2019, toleransi perlu digelorakan dan posisi Kesbangpol menjadi sangat signifikan untuk melakukan dialog maupun komunikasi terkait kerukunan umat beragama.

“Sehingga mempunyai langkah yang sama dalam moderasi beragama. Dan 2024 kita buktikan bahwa seluruh umat beragama DKI Jakarta dapat bersatu dan damai,” pungkasnya.





Majalah
MAJALAH AKRAB EDISI 3 TAHUN 2022
MAJALAH AKRAB EDISI 3 TAHUN 2022
Info Grafis
UPG Kanwil DKIM Jakarta
UPG Kanwil DKIM Jakarta
Renungan
    " Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah." --Ibnu Hibban dalam sahihnya 3/255---
    " Ujian yang menimpa seseorang pada keluarga, harta, jiwa, dan anak tetangganya bisa dihapus dengan Puasa, Shalat, Sedekah, dan Amar Ma'ruf Nahi Mungkar" ( HR.Al Bukhari dan Muslim)
    Yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran (yang kau jalani), yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit" (Ali Bin Abi Thalib)
    Kematian adalah sebuah keniscayaan yang begitu dekat." Dimanapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggidan kukuh". ( QS. An-Nisa: 78)
    Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya. HR. Bukhari
    " Allah memberikan keistimewaan untuk empat bulan haram di antara bulan-bulan yang ada dan diagungkan kemuliaannya bulan itu dan menjadikan dosa yang terbuat serta amal ibadah yang dilaksanakan menjadi lebih besar ganjaran dosa dan pahalanya" Tafsir al Thabari 14/238
    " Allah akan berikan pahala itu bagi orang yang membangun rumah Allah di muka bumi walaupun seperti sarang burung" HR Ibnu Majan 738 ----" Sedekahlah tiap hari walau sedikit"-------
    " Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi" ( Al Araf 7: 23)
    “Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah, dan setiap orang yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. (QS. At-Taghabun: 11)
    “Sesungguhnya Kami melihat engkau tergolong sebagai oranng-orang yang berbuat baik.” [Yusuf: 36, 78]
    "Dan janganlah kamu mengatakan orang-orang yang terbunuh di jalan Allah (mereka) telah mati. Sebenernya (mereka) hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya ( Al Baqarah : 154)
    “Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang ruku’, yang sujud, yang menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu.” [At-Taubah: 112]
Video
Dialog Kerukunan Dengan Tokoh Agama Islam
Dialog Kerukunan Dengan Tokoh Agama Islam