Berikan Pemahaman Tentang Nuklir, MAN 2 Jakarta Adakan Kunjungan Ke BATAN Melalui Virtual


MAN 2 Jakarta 19 Feb 2021, 15:16


Jakarta (Humas MAN 2 Jkt) --- Kedua Kalinya, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jakarta mengadakan kerjasama dengan Pusat Diseminasi dan Kemitraan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Kegiatan ini dilaksanakan dengan virtual dan diikuti sebanyak 190 peserta didik Program IPA dan Anggota KIR (Kelompok Ilmiah Remaja), Kamis (18/02).

Menurut Hj. Kahfi Sabariah, M.PFis selaku guru bidang studi Fisika mengungkapkan bahwa wawasan mengenai nuklir harus disosialisasikan pada siswa Aliyah, terutama program IPA.

“Jangan sampai terjadi kesalahpahaman bahwa nuklir adalah hal yang menakutkan dan membahayakan. Pola pikir ini harus kita ubah secara perlahan,” ujar penggagas kegiatan.

Kahfi menambahkan, dalam kehidupan nyata kita perlu memahami bahwa nuklir sangat dekat dengan keseharian manusia, diantaranya radiasi. Radiasi yang terdiri atas radiasi alam dan radiasi buatan dapat diminimalisir agar tak membahayakan kesehatan manusia.

“Radiasi alam yang dapat dihindari seperti sinar kosmis dan sinar matahari pada siang hari (di atas pukul 11.00). Sedangkan radiasi buatan berupa sinar dari Handphone, TV dan barang elektronik lain, dapat dikurangi penggunaannya,” ungkapnya.

Dalam paparannya, Resty sebagai narasumber menyampaikan tentang iradiasi, yakni suatu proses ketika suatu objek terpapar oleh radiasi.

“Radiasi tersebut dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk sumber alami. Namun kita tak perlu khawatir, asal radiasi masi dalam batas minimun, berarti masih aman bagi manusia,” pungkas Resty menutup webinar siang itu. /Yuyum Daryumi.


Dibaca: 27 kali



Majalah
Tim Posko Siaga Covid-19 Kanwil Kemenag DKI Distribustikan 500 Paket Sembako
Tim Posko Siaga Covid-19 Kanwil Kemenag DKI Distribustikan 500 Paket Sembako
Info Grafis
8 Fokus penyempurnaan Kurikulum
8 Fokus penyempurnaan Kurikulum
Renungan
"Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami "(QS.Al-Anbiya:35)
Video
Waktu Subuh Kemenag Kepagian ?
Waktu Subuh Kemenag Kepagian ?