Ayo Bangkit Bersama, Seruan Bangkit Bersama Dari Pandemi Covid 19




Jakarta (Humas) --- Peringatan hari Kebangkitan Nasional Ke 114 merupakan bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari Pandemi COVID 19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

“Ayo Bangkit Bersama,” pekik Kepala Kanwil selaku Pembina Upacara Hari Kebangkitan Nasional, Cecep Khairul Anwar dihadapan para peserta, Jumat (20/05).

Kakanwil menerangkan, bahwa 20 Mei 1948 Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya Boedi Oetomo sebagai hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia.

“Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,” ujarnya saat membacakan Sambutan Menteri Kominfo.

Lanjutnya, Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan yang didirikan oleh Dr. Sutomo beserta para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1908.

“Boedi Oetomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain dan sebuah Organisasi yang menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan,” jelasnya.

Tujuan didirikan Boedi Oetomo, Kakanwil mengungkapkan untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran dan kebudayaan.

“Boedi Oetomo telah melatakkan tiga cita – cita bagi kebangkita nasional, yakni memerdekakan cita – cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” terangnya.

“Kelahiran Boedi Oetomo mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah,” lanjutnya.

Tampak mengikuti upacara, Kabag Tata Usaha, Pejabat Administrator, Subkoordinator, Para JFT dan Para JFU secara luring dan daring.


Dibaca: 143 kali



Majalah
Majalah Akrab Edisi 4
Majalah Akrab Edisi 4
Info Grafis
PPDB Online MAN 2022-2023
PPDB Online MAN 2022-2023
Renungan
    Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya. HR. Bukhari
    “Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang ruku’, yang sujud, yang menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu.” [At-Taubah: 112]
    " Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi" ( Al Araf 7: 23)
    “Sesungguhnya Kami melihat engkau tergolong sebagai oranng-orang yang berbuat baik.” [Yusuf: 36, 78]
    “Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah, dan setiap orang yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. (QS. At-Taghabun: 11)
    " Ujian yang menimpa seseorang pada keluarga, harta, jiwa, dan anak tetangganya bisa dihapus dengan Puasa, Shalat, Sedekah, dan Amar Ma'ruf Nahi Mungkar" ( HR.Al Bukhari dan Muslim)
Video
Lantik PPIH Embarkasi Jakarta Pondok Gede, Dirjen PHU: Berikan Kesan Mendalam Pada Jemaah Haji
Lantik PPIH Embarkasi Jakarta Pondok Gede, Dirjen PHU: Berikan Kesan Mendalam Pada Jemaah Haji